AISYAH AMALIA PUTRI, - and SUBIYANTORO, - (2022) NILAI-NILAI EDUPRENEURSHIP PADA FUN LEARNING DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Edusciences (JES), 9 (2). pp. 418-427. ISSN p-ISSN: 2303 - 355X ; e-ISSN: 2685 - 2217
|
Text (NILAI-NILAI EDUPRENEURSHIP PADA FUN LEARNING DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN ISLAM)
NILAI-NILAI EDUPRENEURSHIP PADA FUN LEARNING DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN ISLAM.pdf - Published Version Download (285kB) | Preview |
|
|
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1670365035.pdf - Published Version Download (19kB) | Preview |
Abstract
Tantangan pendidikan Islam saat ini yaitu krisis moral dan hilangnya jiwa kreativitas pada pendidik dan peserta didik. Urgensi dari Pendidikan Islam adalah membangun karakter bangsa yang bertakwa serta berakhlak mulia. Tujuan dalam penelitian ini yaitu; pertama, mengetahui konsep edupreneurship, fun learning, dan pendidikan Islam. Kedua, mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai edupreneurship pada fun learning dalam membangun Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data sekunder berupa beberapa jurnal dan buku yang sesuai dengan pokok permasalahan penelitian yang terupdate 5 tahun terakhir yaitu, 2017-2022. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan yang relevan sesuai kajian penelitian. Hasil penelitian menjelaskan bahwa adanya nilai-nilai edupreneurship pada fun learning dalam membangun Pendidikan Islam, antara lain; menumbuhkan karakter mandiri, membangun jiwa inovatif, membangun kreativitas pendidik dan peserta didik, tanggung jawab, pantang menyerah, dan berpikir kritis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | edupreneurship; fun learning; pendidikan islam |
Subjects: | Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam |
Divisions: | Artikel (Terbitan Luar UIN) |
Depositing User: | Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP - |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 05:24 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 05:24 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55409 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |