Strategi Kepala Madrasah Dalam Menyiapkan Peserta Didik Menghadapi Asesmen Nasional di MIN 1 Yogyakarta

Fitriyana, - and Subiyantoro, - (2022) Strategi Kepala Madrasah Dalam Menyiapkan Peserta Didik Menghadapi Asesmen Nasional di MIN 1 Yogyakarta. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17 (1). pp. 21-30. ISSN e-ISSN: 2527-9998

[img]
Preview
Text (Strategi Kepala Madrasah Dalam Menyiapkan Peserta Didik Menghadapi Asesmen Nasional di MIN 1 Yogyakarta)
Strategi Kepala Madrasah Dalam Menyiapkan Peserta Didik Menghadapi Asesmen Nasional di.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1670462232.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview

Abstract

Dalam menyiapkan Asesmen/Penilaian Nasional dibutuhkan strategi yang tepat dari kepala madrasah demi terlaksananya proses asesmen sehingga peserta didik bisa mengikuti proses assesmen dengan baik tanpa kendala apapun. Penelitian yang akan dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi yang dipersiapkan oleh kepala madrasah dalam menyiapkan peserta didik untuk mengikuti Asesmen Nasional (AN) di MIN 1 Yogyakarta. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sistem pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data Miles Huberman sebagaimana dikutip oleh Sugiyono yang terdiri 3 (tiga) proses yang terjadi secara berkaitan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa Asesmen Nasional didesain untuk memetakan sistem pendidikan yang nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam memperbaiki serta mengevaluasi kualitas pendidikan dalam setiap satuan pendidikan. Upaya yang dilakukan kepala madrasah untuk mempersiapkan siswa saat menghadapi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yaitu dengan memberikan jam belajar tambahan serta memfasilitasi buku penunjang keberhasilan program tersebut. Namun program tersebut tidak dapat diterapkan secara penuh/maksimal dikarenakan adanya pandemi. Faktor penunjang dalam keberhasilan Asesmen Nasional di MIN 1 Yogyakarta adalah dukungan dan kesediaan kepala madrasah dalam bertanggungjawab serta fasilitas buku penunjang yang khusus untuk diberikan kepada guru dan siswa Asesmen Nasional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: National Assessment, Minimum Competency Assessment, Headmaster’s Strategy
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 08 Dec 2022 08:27
Last Modified: 08 Dec 2022 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55419

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum