UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI SIDOREJO TEGALREJO MAGELANG

M.Wahib Agus, NIM.: 09481128 (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI SIDOREJO TEGALREJO MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI SIDOREJO TEGALREJO MAGELANG)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI SIDOREJO TEGALREJO MAGELANG)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran melalui Media Visual dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasill belajar siswa kelas IV pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sidorejo Tegalrejo Magelang. Apakah penggunaan media visual dalam pembelajaran di MI Sidorejo dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar. Begitu pula dalam pembelajaran Matematika utamanya pada materi pokok Konsep Bangun Datar Sederhana terutama keliling dan luas Jajargenjang dan Segitiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan peningkatan hasil/prestasi belajar siswa,atau sebaliknya. Dalam pembelajaran ini di batasi pada media visual yang berupa buku bacaan, bagan atau skema dengan papan tempel dengan materi Konsep Bangun Datar Sederhana yang meliputi keliling dan luas jajargenjang dan segitiga. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan pada kelas (PTK) IV MI Sidorejo dan di laksanakan dalam II siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dimana refleksi pelaksanaan siklus sebelumnya menjadi acuan untuk siklus selanjutnya. Peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dapat dilihat pada tabel hasil observasi sebagai berikut : ASPEK KEAKTIFAN SISWA Siklus I Siklus II Siswa mengajukan pertanyaan 3 = 15 % 12 = 60 % Menjawab pertanyaan guru dengan benar 2 = 10 % 19 = 95 % Menanggapi pernyataan guru 4 = 20 % 20 = 100 % Meminta ijin keluar kelas 5 = 25 % 0 = 0 % Fokus pada pelajaran 4 = 20 % 20 = 100 % Tertidur dan melamun 4 = 20 % 0 = 0 % Siswa berbicara di luar materi pelajaran 14 =70% 0 = 0 % Berdasarkan data di atas peneliti sampaikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media visual pada mata pelajaran matematika kelas IV MI Sidorejo Tegalrejo Magelang dengan materi pokok Konsep Bidang Datar Sederhana terutama tentang keliling dan luas Jajargenjang dan Segitiga dapat meningkatkan keaktifan dan perhatian siswa. Tiap-tiap siklus dilakukan pretes dan postes dengan soal yang sama untuk mengetahui sejauh mana perubahan atau peningkatan prestasi belajar siswa. Dari perhitungan dan perbandingan nilai pretes terhadap postest diperoleh hasil bahwa pada pelaksanaan siklus I dari rata-rata nilai pretest 63,14 menjadi 71,95 berarti terjadi peningkatan 8,80 poin atau 13,94%, sedangkan pada pelaksanaan siklus II diperoleh rata-rata nilai pretes sebesar 63,60 sedangkan nilai rata-rata postes adalah 82,22 berarti mengalami peningkatan 18,62 poin atau 29,34%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra.Hj.Sri Sumarni,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Visual, Buku Bacaan, Pembelajaran Matematika
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2022 09:23
Last Modified: 09 Dec 2022 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55427

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum