UPAYA MENIGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V M I YAKTI TAMPINGAN TEGALREJO MAGELANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE CARD SORT

M. Afif Fauzan, NIM.: 09481152 (2011) UPAYA MENIGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V M I YAKTI TAMPINGAN TEGALREJO MAGELANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE CARD SORT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENIGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V M I YAKTI TAMPINGAN TEGALREJO MAGELANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE CARD SORT)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENIGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V M I YAKTI TAMPINGAN TEGALREJO MAGELANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE CARD SORT)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran matematika di MI YAKTI Tampingan pada umumnya ditekankan pada aspek kognitif dan kurang memperhatikan aspek-aspek yang lain. Metode yang dipakai guru selama ini sangat monoton yaitu hanya menggunakan metode ceramah dan tulisn saja. Hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang kreatif sehingga hasil belajarnya menjadi rendah. Melihat hal tersebut peneliti merasa khawatir dan mencoba memperbaiki keadaan tersebut dengan menggunakan CardSort Penelitian ini bertujuan unrtuk mewujudkan pembelajaran yang aktif, menyenangkan dan efektif pada pembelajaran bahasa arab siswa kelas IV MI YAKTI Tampingan Tegalrejo Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V MI YAKTI Tampingan, tahun pelajaran 2011/2012, dengan jumlah siswa 13 orang anak , yang berperan sebagai pelaksanaan metode ini adalah guru dan peneliti menjadi observer. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, yaitu menghitung data dengan angka, kemudian menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terperinci. Setelah penelitian ini dilaksanakan menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Card Sort. Adapun cara yang ditempuh untuk penggunaan metode tersebut selama dua siklus dan masingmasing siklus terdiri dari dua pertemuan. Nilai hasil belajar dan ketuntasan siswa sebelum menggunakan metode Card Sort hanya mencapai 40% namun setelah digunakan metode Card Sort nilai hasil beajar dan ketuntasan siswa meningkat meningkat menjadi 60 % pada siklus I dan 90 % pada siklus II . Dari hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Card Sort secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V di MI YAKTI Tampingan Tegalrejo Magelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [Pembimbing: Dra. H. Sumarni, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Card Sort, Prestasi Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2022 09:27
Last Modified: 09 Dec 2022 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55428

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum