KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS VIII MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN

M. Nur Alfan Khoiri, NIM.: 07410039 (2012) KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS VIII MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS VIII MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS VIII MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang peneltian ini adalah bahwa idealnya peserta didik yang memiliki prestasi belajar Al-Qur’an Hadis bagus ia juga memiliki persepsi yang baik tentang kompetensi guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Namun kenyataanya ada siswa yang memiliki prestasi belajar bagus, akan tetapi persepsi siswa tentang kompetensi guru kurang bagus. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang hubungan antara Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru dengan Prestasi Belajar Siswa. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi guru mata pelajaran Al- Qur’an Hadis, bagaimana prestasi belajar siswa dan bagaimana korelasi antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN Seyegan, Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan antara Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru dengan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas VIII MTsN Seyegan Sleman. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Seyegan tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 178 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan ketentuan dari Isaac dan Michel jumlah sampelnya sebanyak 118 siswa. Pengempulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukan dari 45 butir angket terdapat 39 butir terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukan koefisien reliabilitas sebesar 0,885 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Persepsi Siswa kelas VIII MTsN Seyegan tentang kompetensi guru Al-Qur’an Hadis yang mencakup kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial berada dalam kategori baik. 2) Prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN Seyegan Sleman dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis berada dalam kategori cukup baik. 3) tidak Ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa. Hal ini berarti semakin semakin positif atau negatif persepsi siswa tentang kompetensi guru Al- Qur’an Hadis tidak akan berpengaruh pada prestasi belajar siswa dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Sri Sumarni, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Pembelajaran Al-Qur’an Hadi, Kompetensi Guru
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2022 09:33
Last Modified: 09 Dec 2022 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55429

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum