UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CO-OP CO-OP PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI KELAS XI IPA MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

MahsunatulAzqiyah, NIM.: 08410030 (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CO-OP CO-OP PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI KELAS XI IPA MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CO-OP CO-OP PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI KELAS XI IPA MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CO-OP CO-OP PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI KELAS XI IPA MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam kenyataannya penggunaan metode lama dan penggunaan metode yang monoton akan sangat berpengaruh terhadap gairah atau semangat siswa mengikuti pembelajaran yang dilakukan di kelas. Selain itu tidak kalah penting bahwa keberhasilan dan kualitas pembelajaran sangat dipengaruhi oleh ketepatan dan kemampuan guru dalam memilih metode pembelajaran. Salah satu usaha untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Fikih di MA Nurul Ummah adalah dengan menerapkan metode cooperative learning tipe Co-op Co-op. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana keaktifan siswa pra penelitian, bagaimana penerapan metode Co-op Co-op, danbagaimana hasil keaktifan siswa setelah menggunakan metode Co-op Co-op di MA Nur ul Ummah Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penggunaan metode Co-op Co-op pada keaktifan siswa dalam pembelajaran Fikih di kelas XI IPA MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode Co-op Co-op dalam pembelajaran Fikih. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif didukung dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMANurul Ummah Kotagede Yogyakarta pada semester ganjil T.A 2010/2011. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus pada pokok Bahasan Zina dan Peradilan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar obsevasi guru dan siswa, hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknis analisis data terdiri dari empat komponen yaitu dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, display data, serta pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op , tingkat keaktifan belajar Fikih siswa mengalami peningkatan. Peningkatan keaktifan siswa ditunjukkan dengan adanya perhatian siswa terhadap penjelasan guru dan teman, mencatat materi pembelajaran, berani mengajukan pertanyaan, berani menjawab dan mengemukakan pendapat, berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok, menuliskan hasil diskusinya, berani mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, serta berani memberikan tanggapan terhadap kelompok lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radino, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Metode Co-op Co-op, Pembelajaran Fiqih, Keaktifan Siswa
Subjects: Hukum Islam > Fiqih
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2022 09:38
Last Modified: 09 Dec 2022 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55430

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum