UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI YAPPI BALEHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Marjani, NIM.: 09481075 (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI YAPPI BALEHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI YAPPI BALEHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI YAPPI BALEHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah bahwa dalam proses pembelajaran IPA pada peserta didik kelas V di MI YAPPI Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul pada tahun pelajaran 2011/2012 ini, dinilai kurang membangkitkan motivasi belajar peserta didik sehingga pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik sering bermalas-malasan dan tidak semangat dalam mengikutinya. Menurut pengamatan penulis, dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas penggunaan model pembelajaran yang bervariatif masih sangat rendah dan guru cenderung menggunakan model konvesional pada setiap pembelajaran yang dilakukannya. Hal ini mungkin disebabkan kurangnya penguasaan guru terhadap model-model pembelajaran yang ada, Padahal penguasaan terhadap model-model pembelajaran sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru, dan sangat sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi. Maka dari itu, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna untuk mendiskripsikan upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA kelas V di MI YAPPI Baleharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil tempat penelitian di MI YAPPI Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul. Untuk memperoleh data dalam penelitian tersebut penulis mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, pengambilan dokumentasi, dan juga melakukan analisis data sederhana dengan menggunakan data statistik. Selanjutnya untuk penelitian dilakukan dengan tiga siklus, adapun urutan kegiatan penelitian dari tiap siklusnya adalah : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan : bahwa model pembelajaran interaktif mampu meningkatkan motivasi belajar IPA kelas V di MI YAPPI Baleharjo Tahun Pelajaran 2011/2012, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan motivasi peserta didik dalam mengikuti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dapat dilihat melalui anak lebih senang, perhatian, ketertarikan, antusiasme dalam mengerjakan tugas, dan rasa ingin tahu. Secara kualitatif juga terbukti, dengan model pembelajaran interaktif mampu meningkatkan motivasi belajar IPA kelas V di MI YAPPI Baleharjo. Hasil yang diperoleh dari analisis data yang dikumpulkan sejak pra tindakan, siklus I sampai siklus III dapat diketahui bahwa prosentase perkembangan motivasi belajar IPA kelas V di MI YAPPI Baleharjo Tahun Pelajaran 2011/2012 terus mengalami peningkatan yaitu pada pra tindakan motivasi belajar IPA masih 34 %, kemudian siklus I naik menjadi 43 %, terus siklus ke II naik lagi menjadi 63 % dan puncak dari kenaikan tersebut pada siklus III yaitu mencapai 73 % atau masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran Interaktif, Pelajaran IPA
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
AGAMA - SAINS - BUDAYA
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2022 09:50
Last Modified: 09 Dec 2022 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55433

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum