NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SURAT AL-MUDDASSIR AYAT 1-7 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI TAFSIR AL-QURTUBI)

Maulana Aenul Yaqin, NIM.: 07410201 (2012) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SURAT AL-MUDDASSIR AYAT 1-7 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI TAFSIR AL-QURTUBI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SURAT AL-MUDDAS\S\IR AYAT 1-7 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI TAFSIR AL-QURTUBI))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SURAT AL-MUDDAS\S\IR AYAT 1-7 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI TAFSIR AL-QURTUBI))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam pendidikan apapun harus berlangsung dengan transfer of knowledge dan transfer of values dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kepada peserta didik, sehingga peserta didik mampu menghadapi berbagai tantangan pada zaman globalisasi ini. Peserta didik diharapkan tetap bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran Islam yaitu berlandaskan dengan al-Qura^>n dan as-Sunnah. Oleh karena itu al-Qura^>n memberikan solusi bagi umat manusia yang relevan sepanjang zaman, karena di dalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan yang relevan dengan perkembangan saat ini. Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam surat al-Muddas\s\ir ayat 1-7 dalam tafsir al-Qurt}ubi> dan relevansi nilai-nilai pendidikan dalam surat al-Muddas\s\ir ayat 1-7 dalam tafsir al- Qurt}ubi> dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai Pendidikan dalam surat al- Muddas\s\ir ayat 1-7 menurut tafsir al-Qurt}ubi> dan untuk mengetahui lebih lanjut tentang relevansinya dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research). Data yang diperoleh berasal dari sumber data primer dan sekunder. Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Pedagogi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan tafsir al-Qurt}ubi>. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi. Sedangkan analisis data mengunakan content analysis (analisis isi) dan dari analisis tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan dalam surat al-Muddas\s\ir ayat 1-7 meliputi: pertama, nilai aqidah, yaitu: beriman kepada Allah Swt, kedua, nilai akhlak, yaitu: kasih sayang, tawa>d}u’, menjaga kebersihan, qana’ah, syukur dan sabar, ketiga, nilai syari’ah, yaitu: shalat dan motivasi. Sedangkan relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam adalah seorang pendidik ketika menyampaikan materi kepada peserta didik, hendaklah mengacu kepada al-Qura^>n dan as-Sunnah dan juga pendidik ketika mengajarkan kepada peserta didik, seorang pendidik hendaklah mengajarkan ilmunya dengan sepenuh hati dan penuh dengan kasih sayang seperti mengajarkan kepada anaknya sendiri. Sehingga setiap usaha yang dilakukan oleh pendidik dalam mengembangkan potensi peserta didik dan mewujudkan tujuan pendidikan, akan terwujud dengan maksimal yaitu menjadikan manusia yang insan kamil. Pada hakekatnya dalam dunia pendidikan, menanamkan nilai-nilai pendidikan kepada peserta didik sejak dini adalah suatu yang sangat penting, karena sejak dini peserta didik akan terbiasa dengan kebiasaan yang mulia dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar tidak terjadi penyimpangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Surat Al-Muddassir ayat 1-7, Tafsir Al-Qurthubi, Nilai Aqidah, Nilai Akhlak, Nilai Syari’ah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Tafsir Al-Qur'an > Tafsir Al Qur'an - Metode
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2022 09:58
Last Modified: 09 Dec 2022 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55435

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum