PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII C MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MTsN WONOKROMO

Mela Rachmawati, NIM.: 08410148 (2012) PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII C MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MTsN WONOKROMO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII C MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MTsN WONOKROMO)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII C MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MTsN WONOKROMO)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, dikarenakan oleh beberapa macam faktor, seperti kurangnya rasa ketertarikan, senang, dan semangat dalam materi Al-Qur’an Hadits, siswa hanya mendengarkan ceramah dari guru saja, guru kurang memperkenalkan metode yang bervariasi terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadits kepada peserta didik dan bersifat monoton. Dan yang menjadi bahasan dalam rumusan masalah adalah bagaimana penggunaan metode mind mapping pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VIII C MTsN Wonokromo dan bagaimana hasil peningkatan minat belajar siswa menggunakan metode mind maping dalam pembelajran Al-Qur’an Hadits kelas VIII c MTsN Wonokromo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan metode mind mapping dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits dan mengamati bagaimana minat belajar siswa tersebut, sehingga dapat diketahui hasil penggunaan metod mind mapping dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VIII C MTsN Wonokromo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang digunakan dengan teknik pengumpulan data berupa hasil wawancara dan analisis angket. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTsN Wonokromo, sedangkan obyek dari penelitian ini adalah keseluruhan proses dan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN Wonokromo dengan penggunaan metode mind mapping. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan yang sangat jeli atau serius, observasi, wawancara yang sangat mendalam, dan analisis data berupa angket, untuk dapat mengetahui keabsahan atau kevalitan data, sehingga dapat di tarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan metode mind maaping ini dilaksanakan oleh tim PTK yang terdiri dari guru dan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan tahap-tahap yang telah direncanakan sebelumnya. Setiap siklus dilaksanakan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. (2) Hasil penelitian pada siklus I yaitu siswa senang dan tertarik dengan mind mapping dan hasilnya warna sudah bagus tetapi warna, simbol dan gambar belum terlalu menarik dan tetrmasuk dalam kategori baik. Pada siklus II siswa senang, tertarik, senang, dan semangat dengan metode mind mapping dan hasilnya juga lebih bagus, menarik, dan kreatif. Karena sudah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sehingga tidak dilanjutkan ke siklus III karena sudah sesua dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Usman,SS, M.ag
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Qur'an Hadis
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2022 10:05
Last Modified: 09 Dec 2022 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55437

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum