HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII (STUDI KORELASI DI MTS NEGERI BANYUSOCA PLAYEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2011/2012)

Miftahul Maghfirah, NIM.: 08420060 (2012) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII (STUDI KORELASI DI MTS NEGERI BANYUSOCA PLAYEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2011/2012). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII (STUDI KORELASI DI MTS NEGERI BANYUSOCA PLAYEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2011/2012))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII (STUDI KORELASI DI MTS NEGERI BANYUSOCA PLAYEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2011/2012))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi dalam kehidupan kita, yaitu latar belakang pendidikan guru bahasa Arab yang tidak sesuai dengan bidang studi yang diajarkan (bahasa Arab). Hal ini berdasarkan pada UU No.16 tahun 2007 yang menyebutkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik minimum yaitu latar belakang keguruan yang sesuai dengan program studi mata pelajaran yang akan diampu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru bahasa Arab menurut persepsi siswa dan prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri Banyusoca Playen Gunungkidul, serta mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru bahasa Arab dan prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri Banyusoca Playen Gunungkidul. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Banyusoca Playen Gunungkidul. Namun, penulis hanya menggunakan sampel, yaitu kelas VIII B. Instrumen penelitian ini berupa angket kompetensi guru bahasa Arab dan tes prestasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Pengkajian instrumen dalam rangka menguji keampuhan instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan rumus Cronbach’s Alpha. Sedangkan untuk menguji hipotesis, penulis menggunakan rumus product moment dan semua dengan bantuan SPPS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Dua kompetensi guru bahasa Arab di MTs Negeri Banyusoca Playen Gunungkidul, yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional menurut persepsi siswa termasuk dalam kategori cukup berkompeten. 2) prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri Banyusoca Playen Gunungkidul termasuk dalam kategori baik. 3) Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis, disimpulkan bahwa “ terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru bahasa Arab dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri Banyusoca Playen Gunungkidul ”. Hal ini ditunjukkan dengan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,019 yang berarti lebih kecil daripada taraf kepercayaan 0,05. Sedangkan hubungan antar kedua variabel ini ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,455 yang termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, M.M
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Prestasi Belajar Siswa, Pendidikan Guru Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2022 10:42
Last Modified: 09 Dec 2022 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55439

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum