REKONSTRUKSI PEMIKIRAN K.H. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL “SANG PENCERAH” KARYA AKMAL NASERY BASRAL (KAJIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)

Miss Khoriha Surorot, NIM.: 08410007 (2012) REKONSTRUKSI PEMIKIRAN K.H. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL “SANG PENCERAH” KARYA AKMAL NASERY BASRAL (KAJIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REKONSTRUKSI PEMIKIRAN K.H. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL “SANG PENCERAH” KARYA AKMAL NASERY BASRAL (KAJIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (REKONSTRUKSI PEMIKIRAN K.H. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL “SANG PENCERAH” KARYA AKMAL NASERY BASRAL (KAJIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ajaran agama Islam adalah ajaran yang murni diturunkan oleh Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW untuk diajarkan kepada umat Islam. Dengan melalui waktu berabad-abad lamanya, pemaknaan terhadap kandungan atau inti dari penyampaiannya dipengaruhi oleh peradaban zaman. Dalam novel Sang Pencerah, peran K.H. Ahmad Dahlan coba memakna kembali ajaran yang sebenarnya bersaingan dengan tradisi yang berlaku di masyarakat. Usaha memisahkan ajaran agama Islam dengan Tradisi yang ada ditentang oleh masyarakat, yang memahami ajaran agama secara turun-menurun. Akan tetapi hal tersebut tidak mematahkan semangat K.H. Ahmad Dahlan dalam perjuangannya untuk memakna kembali inti dari ajaran agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berlatar pada novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral. Pengumpulan data dilakukan dengan metode perpustakaan (library research) yaitu menggunakan pendekatan pragmatik dalam mengumpulkan data dari novel. Analisis isi dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itu ditarik kesimpulan yang tepat dari sebuah buku atau dokumen, juga merupakan teknik untuk menemukan karakteristik pesan, yang dilakukan secara obyektif dan sistematis. Penelitian tersebut untuk menunjukan (1) Bagaimana rekonstruksi pemikiran pendidikan K.H. Ahmad Dahlan yang tergambar dalam novel “Sang Pencerah” karya Akmal Nasery Basral (2) kontribusi pemikiran K.H. Ahmad Dahlan dalam novel “Sang Pencerah” karya Akmal Nasery Basral terhadap pengembangan Pendidikan Agama Islam. Data dalam penelitian ini adalah data yang berwujud kata, fase, ungkapan, dan kalimat yang terdapat dalam novel “Sang Pencerah” karya Akmal Nasery Basral. Hasil penelitian menunjukan : Rekonstruksi pemikiran pendidikan K.H. Ahmad Dahlan dalam novel Sang Pencerah terdapat; 1) Rekonstruksi tentang keimanan/aqidah yaitu: (a) yasinan, (b) Memberi sesajen di kuburan, (c) Ruwatan, (d) Sadranan/Nyadran 2) Rekonstruksi tentang syari’ah yaitu: (a) Mengubah arah kiblat (b) Menikah 3) Rekonstruksi tentang akhlak yaitu: (a) Menolong orang miskin, (b) Bermain biola. 4) Rekonstrusi tentang muamalah yaitu: (a) Berpakaian seperti orang belanda, (b) Mengajar di atas kursi, (c) Menghadapi Pikiran Liberal . 5) Rekonstruksi tentang pendidikan yaitu: (a) Mengajar di Kweek School, (b) Belajar, (c) Mendirikan organisasi. Dan dari kontribusi pemikiran K.H. Ahmad Dahlan dalam novel Sang Pencerah memberikan pencerahan mengenai pelaksanaan ajaran agama Islam kepada masyarakat, agar bisa membedakan agamaan dengan tradisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Khalil, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Pendidikan, Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan, Novel Sang Pencerah, Pengembangan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2022 10:51
Last Modified: 09 Dec 2022 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55440

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum