MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH BUMIREJO MAGELANG

Much. Rikhan Fuadi, NIM.: 08410042 (2012) MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH BUMIREJO MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH BUMIREJO MAGELANG)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH BUMIREJO MAGELANG)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dorongan untuk mempelajari materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang beraneka ragam. Sehingga perlu diteliti agar lebih terinci lebih detail lagi bagaimana sebenarnya motivasi belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Bumirejo Magelang. Dengan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang dimiliki Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Bumirejo Magelang yang representatife untuk kegiatan belajar mengajar tentunya akan menumbuhkan motivasi belajar. Dalam penelitian kali ini akan dibahasa mengenai bagaimana motivasi belajar siswa kelas VII, faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi motivasi belajar siswa serta bagaimanakah upaya-upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Bumirejo Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil lokasi di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Bumirejo Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran dan pengumpulan angket, wawancara mendalam dan dokumentasi serta observasi. Adapun dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Pada umumnya siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Bumirejo Magelang lebih termotivasi dari dalam atau lebih bersifat intrinsik. Hal ini terlihat dari jawaban siswa yang 100 % menjawab bahwa alasan siswa belajar Sejarah Kebudayaan Islam adalah karena ingin tahu tentang sejarah. Alternatif jawaban lain yang mengindikasikan faktor ekstrinsik tidak ada satupun siswa yang memilihnya. 2). Adapun faktorfaktor yang mempengaruhi motivasi intrisik siswa tersebut adalah: rasa ingin tahu dari dalam diri yang tinggi terhadap materi pelajaran, materi pelajaran yang menarik, sikap siswa ketika belajar Sejarah Kebudayaan Islam yang serius dan antusias mengikuti pelajaran. 3). Upaya-upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah: menjalin komunikasi yang baik, menggunakan strategi dan metode dalam belajar yang sesuai, berusaha memberikan pembelajaran yang ideal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2022 11:07
Last Modified: 09 Dec 2022 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55443

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum