UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KALASAN

Muh. Alif Kurniawan, NIM.: 08410182 (2012) UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KALASAN)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KALASAN)
BHHTKU~Y.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealnya bagi siswa SMP harus sudah bisa membaca Al-Quran meski bacaannya masih tertatih-tatih. Dalam kenyataannya membaca Al-Quran adalah salah satu permasalahan yang ada di SMP N 2 Kalasan, dimana lebih dari sebagian siswa belum mampu membaca Al- Quran. Untuk itu guru PAI dituntut untuk berupaya mengatasi permasalah tersebut sehingga tujuan pendidikan yang tersusun dalam rencana pembelajaran dan tujuan pendidikannya akan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Quran, tingkat kemampuan membaca Al-Quran serta faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Quran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMP N 2 Kalasan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara analisis yang cenderung menggunakan katakata untuk menjelaskan fenomena atau data yang didapatkan. Dalam penelitian ini penulis menetapkan sampel sebanyak 15% dari jumlah populasi 204 yaitu 30 siswa dengan ketentuan penarikan sampel yaitu purposive sampling. Analisis juga dilakukan secara sistematis agar data-data yang dikumpulkan dapat dibaca dan dimengerti dengan menggunakan komponen reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Quran pada siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan yaitu melakukan bimbingan individu, penerapan strategi mengeja, seringnya memberikan tugas rumah, selalu memberikan motivasi serta memperbanyak latihan (drill). 2) Tingkat kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan dikatakan beragam karena siswa memiliki kemampuan membaca yang berbeda-beda, hasil tes membaca Al-Quran siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan yang dilakukan dengan menggunakan purposive sampling yaitu dengan rata-rata nilai 60,83 masuk kedalam kategori cukup. 3) Faktor pendukung upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Quran adalah tersedianya sarana dan prasarana pembelajaran Al-Quran serta adanya ekstrakurikuler qiraah dan tartil. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lemahnya pemahaman siswa terhadap huruf hijaiyah, kurangnya perhatian orang tua, alokasi waktu pembelajaran yang sedikit, lemahnya kemauan siswa untuk belajar membaca Al-Quran serta pergaulan siswa di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, MA
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Membaca Al-Quran, Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2022 11:09
Last Modified: 09 Dec 2022 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55444

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum