PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I MI MA`ARIF NURUL HUDA BUTUH KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011-2012

Muh Waris, NIM.: 09481111 (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I MI MA`ARIF NURUL HUDA BUTUH KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011-2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I MI MA`ARIF NURUL HUDA BUTUH KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011-2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I MI MA`ARIF NURUL HUDA BUTUH KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011-2012)
BAB II, BAB III.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV di MI Ma`arif Nurul Huda Butuh Kecamatan Sawangan masih rendah, dibawah KKM yang ditetapkan sebesar 60. Dengan demikian kebanyakan siswa masih bernilai di bawah atau kurang dari 60. Dari hasil pengamatan peneliti, proses pembelajaran masih di dominasi oleh guru. Guru kurang memberi dorongan atau motifasi agar anak gemar membaca. Dalam proses pembelajaran metode yang digunakan hanya ceramah dan kurang memberi tugas dan latihan kepada siswa. Untuk membantu hal tersebut, supaya pelajaran IPS tidak terkesan hanya pelajaran bercerita atau ceramah, maka salah satu jalan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran kooperatif teknik jigsaw. Diharapkan bahwa dengan adanya media pembelajaran kooperatif teknik jigsaw siswa akan senang, terangsang, tertarik dan positif terhadap pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan untuk meningkatan prestasi belajar IPS siswa Kelas IV MI Ma’arif Nurul Huda Butuh Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw Penelitian dilakukan di MI Ma’arif Nurul Huda Butuh Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang pada September sampai dengan Desember 2011 dan subyek yang akan dikenai tindakan adalah siswa kelas IV sejumlah 20 dan guru mata pelajaran IPS. Pokok bahasan yang diambil adalah “Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan kabupaten Magelang dan menjaga kelestariannya” Sedang instrumen penelitian yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara sebagai instrumen pendukungnya. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, dan masing-masing siklus dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode kooperatif teknik jigsaw memang tepat digunakan untuk mata pelajaran IPS pada kelas IV MI Nurul Huda Butuh. Nilai rata-rata evaluasi pra siklus sebesar 50,75, pada siklus I sebesar 61,00 dan pada siklus II sebesar 70,20. Sehingga pada akhir siklus terjadi peningkatan sebesar 19,45 point. Sedangkan ketuntasan belajar perorangan pada pra siklus = 30%, siklus I = 50% dan pada siklus II = 100%. 2) Dengan metode kooperatif teknik jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar IPS, meningkat setelah diajar dengan menggunakan kooperatif teknik jigsaw dan mencapai Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Teknik Jigsaw, Peningkatan Prestasi Belajar, Pembelajaran IPS.
Subjects: Ilmu Sosial
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2022 11:13
Last Modified: 09 Dec 2022 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55445

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum