KORELASI ANTARA LINGKUNGAN BAHASA DENGAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM TEGALSARI SURAKARTA 2011/2012

Muhammad Arif Budiman, NIM.: 07420045 (2012) KORELASI ANTARA LINGKUNGAN BAHASA DENGAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM TEGALSARI SURAKARTA 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA LINGKUNGAN BAHASA DENGAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM TEGALSARI SURAKARTA 2011/2012)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA LINGKUNGAN BAHASA DENGAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM TEGALSARI SURAKARTA 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahasa merupakan alat komunikasi bagi manusia. Guru lebih banyak mengajarkan waktuya untuk mengajarkan pengetahuan bahasa dan bukan mengajarkan agar siswa pandai berbahasa lisan maupun tulisan. Lingkungan bahasa memegang peran penting dalam kemahiran berbicara seseorang. Lingkungan yang baik akan menggiring anak untuk berbuat baik pula dan begitu juga sebaliknya. Maka dari itu diperlukan penelitian seberapa besar tingkat korelasi antara lingkungan bahasa dengan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanganan Lingkungan bahasa dan Evaluasi Kemahiran Berbicara Bahasa Arab serta Hubungan antara Lingkungan Bahasa dan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab siswa. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dalam memperbaiki proses pembelajaran bagi semua pihak, khususnya Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Tegalsari Surakarta dalam pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Tekik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan skala. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu: pengumpulan data (data dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan skala), mereduksi data yang telah terkumpul, mendeskripsikan data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan memverifikasi data yang lebih mendalam. Hasil dari penelitian menunjukkan: Pertama, Penanganan Lingkungan Bahasa terhadap Kemahiran Berbicara Bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam tergolong cukup, yang mana diperoleh data tanggapan siswa terhadap lingkungan bahasa dengan kategori baik sebanyak 12 siswa (22,64%),yang masuk dalam kategori cukup sebanyak 33 siswa (62,26%), sedangkan dalam kategori kurang sebanyak 8 siswa (15,10%). Kedua, Hasil Tes Muhadatsah siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta siswa tergolong cukup baik karena dari analisis data yang masuk peringkat baik sebanyak 14 siswa (26,41%) , yang masuk peringkat cukup sebanyak 28 siswa (52,84%) dan dalam kategori kurang sebanyak 11 siswa (20,75%). Ketiga, Ada hubungan yang positif dan signifikan antara Lingkungan Bahasa dengan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Hal ini ditunjukan dengan nilai rxy sebesar 0,611 yang lebih besar dari r table pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,273 dan pada taraf signifikansi 1% yaitu 0,354. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penanganan lingkungan bahasa pada siswa semakin tinggi pula kemahiran berbicara bahasa Arab siswa, dan sebaliknya semakin rendah penanganan lingkungan pada siswa semakin rendah pula kemahiran berbicara bahasa Arab siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Nazri Syakur, M.A
Uncontrolled Keywords: Kemahiran Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Arab, Lingkungan Bahasa
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2022 11:17
Last Modified: 09 Dec 2022 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55446

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum