PENDIDIKAN NONFORMAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKHLAK TERPUJI ANAK JALANAN DI YAYASAN ANAK JALANAN DIPONEGORO YOGYAKARTA

Muhamad Azis Anshori, NIM.: 04410677 (2011) PENDIDIKAN NONFORMAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKHLAK TERPUJI ANAK JALANAN DI YAYASAN ANAK JALANAN DIPONEGORO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN NONFORMAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKHLAK TERPUJI ANAK JALANAN DI YAYASAN ANAK JALANAN DIPONEGORO YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN NONFORMAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKHLAK TERPUJI ANAK JALANAN DI YAYASAN ANAK JALANAN DIPONEGORO YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Problem tentang keberadaan anak jalanan disetiap sudut kota seakan menjadi pemandangan yang wajib ada di setiap kota besar, betapa tidak dimana ada tempat-tempat keramain di situ pula terdapat anak jalanan. Hal ini menjadi tugas yang sangat penting bagi pemerintah, selain untuk mengurangi tindak kejahatan di jalanan pemerintah juga harus memikirkan generasi penerus bangsa. Di tangan mereka nasib bangsa ini diletakkan, akan tetapi keberadaan mereka setiap tahun terus meningkat jumlahnya dan tindak kejahatan pun juga ikut naik prosentasenya. Dalam hal ini yayasan anak jalananlah yang sudah melakukan program kongkrit untuk mengentaskan mereka dari keterpurukan hidup di jalanan. Salah satu yayasan tersebut adalah Yayasan anak Jalanan Diponegoro, di yayasan ini menerapkan pendidikan nonformal sebagi upaya untuk meningkatkan akhlak anakanak binaan mereka. Banyak terdapat program yang menunjang kematangan mental keberagamaan mereka, salah satunya yaitu Home School dan Study on the road. Program ini akan sangat membantu anakanak binaan untuk memperolah pendidikan yang layak dan hak-hak mereka untuk memperoleh pendidikan akan tercapai, yang terpenting program ini sangat membantu untuk meningkatkan kualitas akhlak anakanak binaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan dilakukan tanpa perlakuan (naturalistik). Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi. Tujuan dari penelitian ini lebih diarahkan pada usaha untuk mendapatkan data yang mendalam, bukan generalisasi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menemukan program untuk meningkatkan akhlak anak binaan, yaitu selain program-program yang umum dilakukan Yayasan Anak Jalanan Diponegoro menerapkan prgram Home school dan Study on the Road, kedua program ini selain untuk meningkatkan mental dan akhlak anak-anak binaan juga dapat membantu pemerintah untuk mengatasi probleam anak jalanan yang setiap tahun terus naik prosentasenya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Karwadi, M, Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Nonformal, Pendidikan Akhlak, Anak Jalanan
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2022 11:21
Last Modified: 09 Dec 2022 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum