EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SHARAF DENGAN KITAB SHARAF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DI KELAS IIB AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Muhammad Bagus Jazuli, NIM.: 08420120 (2012) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SHARAF DENGAN KITAB SHARAF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DI KELAS IIB AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SHARAF DENGAN KITAB SHARAF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DI KELAS IIB AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SHARAF DENGAN KITAB SHARAF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DI KELAS IIB AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penggunaan kitab sharaf praktis “Metode Krapyak” dalam pembelajaran sharaf di kelas IIB Awaliyah Madrasah Diniyah Putra PonPes Nurul Ummah dan beberapa faktor baik yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran sharaf, selain itu untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menggunakan kitab sharaf praktis “Metode Krapyak” di kelas IIB Awaliyah MDNU Putra. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang pentingnya memilih buku ajar yang tepat dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran sharaf. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara, observasi dan angket. Adapun proses analisis data dengan analisis kualitatif dengan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan pembelajaran sharaf dengan kitab sharaf praktis “Metode Krapyak” melalui tahap persiapan yang meliputi: koreksi materi, mempersiapan formulir hafalan santri, mencari kitab-kitab yang terkait sebagai referensi tambahan, dan tahap pelaksanaan meliputi: proses penerapan kitab sharaf praktis, metode dan proses penilaian hafalan. 2) Penggunaan kitab sharaf praktis “Metode Krapyak” dalam pembelajaran sharaf di kelas IIB awaliyah MDNU Putra cukup efektif sebab mampu memberi kemudahan santri dalam menghafal dan mengasah kemahiran Qowaid khususnya materi sharaf. 3) Faktor pendukung penggunakan kitab sharaf praktis dalam pembelajaran sharaf antara lain: kitab sharaf praktis “Metode Krapyak” memberi kemudahan pada santri dalam pembelajaran sharaf khususnya dalam menghafal kaidah tasrif, santri sangat senang menggunakan kitab sharaf praktis, ustad pengajar sangat berkompeten di bidangnya. Adapun faktor penghambatnya antara lain: latar belakang pendidikan santri yang beragam, alokasi waktu yang minim, target materi sharaf yang hanya ditekankan pada hafalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Adzfar Ammar, MA
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sharaf, Kitab Sharaf, Metode Krapyak
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2022 11:23
Last Modified: 09 Dec 2022 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum