NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

Muhammad Roihan Alhaddad, NIM.: 07410224 (2012) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa pendidikan nilai moral di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat diperlukan media pembelajaran yang lebih modern, rasional, komprehensif, mudah ditangkap dan dihayati oleh anak didik. Novel selain sebagai media hiburan, seharusnya mampu lebih diprioritaskan sebagai media yang efektif dan kreatif dalam menyampaikan pesan-pesan pendidikan khususnya pendidikan moral. Terutama dalam novel yang mengangkat tema pendidikan, yang banyak mengandung nilai-nilai pendidikan moral seperti novel Surat kecil Untuk Tuhan. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan moral apa saja yang terkandung dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar dan bagaimana relevansinya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan novel Surat Kecil Untuk Tuhan yang diasumsikan mengadung nilai-nilai pendidikan moral dan juga mengetahui relevansinya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil objek novel Surat Kecil Untuk Tuhan. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan semiotik. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analisis) yaitu teknik membuat rumusan kesimpulan dengan mengidentifikasi pesan dari teks secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Moral terhadap Allah meliputi: Pendidikan bersyukur kepada Allah, memohon kepada Tuhan, menerima Takdir, berserah diri, menyesali kesalahan, ibadah. (2) Moral Individu meliputi: sikap optimis, rendah hati, tidak dendam, berprasangka baik, sabar menerima cobaan hidup, berusaha, memperbaiki diri, kejujuran, ikhlas. (3) Moral terhadap keluarga meliputi: Kasih sayang orang tua, patuh terhadap orangtua. (4) Moral terhadap masyarakat meliputi: Tolong-menolong, Menjaga Tali Silahturahmi. Sedangkan relevansi pendidikan moral dengan pendidikan Islam adalah bahwa pendidikan moral memiliki ruang lingkup dan tujuan yang lebih luas sedangkan nilai pendidikan Islam lebih spesifik. Maka dapat disimpulkan bahwa ada relevansi antara pendidikan moral dengan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Moral, Pendidikan Islam, Novel Surat kecil Untuk Tuhan
Subjects: ISLAM DAN PENDIDIKAN
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2023 14:40
Last Modified: 03 Jan 2023 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55481

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum