UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA KELAS II MI NEGERI SIDANEGARA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

Muhgofir, NIM.: 09480007 (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA KELAS II MI NEGERI SIDANEGARA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA KELAS II MI NEGERI SIDANEGARA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA KELAS II MI NEGERI SIDANEGARA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan ıalat pada siswa madrasah ibtidaiyah khusususnya siswa kelas II. Hal ini sangat beresiko karena wudhu dan shalat merupakan kemampuan fundamental yang harus dikuasai oleh siswa sebelum mereka mengetahui beragam ilmu pengetahuan dalam jenjang pendidikan selanjutnya. Adapun rendahnya kemampuan ıalat kelas II tersebut dipengaruhi oleh beberapa aspek, diantaranya pengetahuan dan kemampuan mereka tentang diperoleh secara tidak langsung tetapi hanya melihat orang tua ketika mereka ıalat tanpa pengarahan oleh orang tua ketika ada kesalahan. Ditambahkan lagi, kegiatan pembelajaran di dalam kelas guru menggunakan strategi maupun media yang kurang mereka senangi sehingga kesan dari pembelajaran itu tidak bertahan lama. Metode ceramah selama ini digunakan sebagai penunjang pembelajaran. Demonstrasi ıalat di MI Negeri Sidanegara terlihat sangat kurang sehingga untuk itu diperlukan penelitian. Penelitian ini menggunakan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi yan bersifat kolaboratif dan partisipatif, dengan melakukan pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, melakukan tindakan siklus, tes dan dokumentasi. Metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukan kepada siswa atau siswa itu sendiri terhadap suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya atau tiruan yan sering disertai penjelasan lisan. Serta menggunakan penedekatan penelitian kualitatif, yaitu sebuah proses inkuiri yang menyelidiki masalah-masalah sosial dan kemanusian dengan menggabungkan tradisi yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan Penggunaan Metode demonstrasi terhadap materi ıalat pada siswa kelas II MI Negeri Sidanegara ternyata berdampak posotif. Mereka terlibat langsung di dalam kegiatan pembelajaran ıalat. Hal ini tampak pada skor nilai yang meningkat. Pada Kegiatan pra siklus skor rata- rata secara klasikal adalah 58. Pada pertemuan I siklus II secara klasikal menjadi rata- rata59.6, pertemuan 2 rata-rata 60.8, Siklus II pertemuan 1 rata-rata 66, pertemuan 2 rata-rata 72. Sedangkan pada siklus III pertemuan 1 rata-rata 77.6, untuk pertemuan 2 menjadi 79.2. Memperhatikan data – data tersebut dapat disimpulkan bahwa, mulai dari siklus I sampai dengan siklus III mengalami peningkatan sebesar 18.2%. Sedangkan ketuntasan belajar dari 9 siswa atau 36% pada siklus I menjadi 22 siswa atau 88%. Pembelajaran melalui metode demonstrasi pada kelas II MI Negeri Sidanegara Cilacap yang digunakan di dalam materi ıalat mengalami peningkatan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Johariyah,M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Demonstrasi, Pendidikan Agama, Shalat
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2023 14:44
Last Modified: 03 Jan 2023 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55482

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum