HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VI SD NEGERI II TEGALREJO NGADIREJO TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

M. Syarifuddin, NIM.: 07410051 (2012) HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VI SD NEGERI II TEGALREJO NGADIREJO TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VI SD NEGERI II TEGALREJO NGADIREJO TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VI SD NEGERI II TEGALREJO NGADIREJO TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahawa idealnya peserta didik memiliki motivasi belajar pendidikan agama Islam (PAI) dan ia juga memanfaatkan sumber belajar dengan baik. Namun ada juga yang siswa yang kurang memanfatkan sumber belajar dengan baik akan tetapi motivasi belajarnya bagus. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang Hubungan Pemanfaatan Sumber Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa. Yang menjadi permasalahan Penelitian ini adalah: bagaimana pemanfaatan sumber belajar siswa, seberapa tinggi motivasi belajar pendidikan agama Islam (PAI) siswa dan apakah ada hubungan pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar pendidikan agama Islam (PAI) siswa kelas VI SDN II Tegalrejo Ngadirejo Temanggung. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar siswa kelas VI SDN II Tegalrejo Ngadirejo Temanggung. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN II Tegalrejo tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 26 siswa. Pengambilan data di lakukan dengan teknik populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan reabilitas. Hasil analis validitas menunjukkan dari 25 butir angket variabel sumber belajar terdapat 21 butir terbukti valid, dan 31 butir angket dari variabel motivasi belajar PAI 30 butir angket terbukti valid. Sedangkan hasil analisis reabilatas menunjukkan koefisien reabilitas sebesar 0,905 dari variabel sumber belajar dan dinyatakan reabel. Dan dari variabel motivasi belajar PAI sebesar 0,947 dan dinyatakan reabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Siswa kelas VI SDN II Tegalrejo tentang pemanfaatan sumber belajar berada dalam kategori baik. 2) motivasi belajar PAI siswa kelas VI SDN II Tegalrejo berada dalam kategori baik. 3) ada hubungan positif signifikan antara pemanfaatan sumber balajar dengan motivasi belajar pendidikan agama Islam (PA). Hal ini berarti semakin postif pemanfaatan sumber belajar akan semakin tinggi pula motivasi siswa dalam belajar pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sukiman, S.Ag. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar Siswa, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2023 14:50
Last Modified: 03 Jan 2023 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum