PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIJAIYAH DENGAN METODE KARTU DI MI MA' ARIF KRICAAN MESIR SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Munif Khabibah, NIM.: 09481108 (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIJAIYAH DENGAN METODE KARTU DI MI MA' ARIF KRICAAN MESIR SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIJAIY AH DEN GAN METODE KARTU DI MI MA' ARIF KRICAAN MESIR SALAM MAGELANG T AHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIJAIY AH DEN GAN METODE KARTU DI MI MA' ARIF KRICAAN MESIR SALAM MAGELANG T AHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran Al-Qur'an - Hadis pada kelas II di MI Ma'arif Kricaan Mesir, Salam, Magelang, Jawa tengah masih mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi-materi pelajaran secara baik dan mudah dipahami oleh seiuruh siswa,sehingga hasil nilai akhir belum memuaskan. Belumnya ada metode yang mudah dilakukan oleh seluruh siswa dalam pembelajaran yang mampu membuat siswa lebih kreatif serta aktif dalam setiap pembelajaran. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki serta memperoleh metode yang tepat digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode kartu sebagai alat peraga dalam pembelajaran Al-Qur' an - Hadis kelas II setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat eksploratif deskriptif dengan menggunakan analisa proses dalam pengambilan nilai, dengan mengambil latar MI Ma'arif Kricaan Mesir, Salam, Magelang, Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan · pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan, ( 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: metode kartu sangat efektif sebagai alat peraga dalam pembelajaran Al-Qur'an - Hadis khususnya kelas II MI Ma'arif Kricaan Mesir Salam Magelang Tahun Pelajaran 20 IO / 2011, hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan keaktifan siswa terlihat pada rasa senang, perhatian, bekerjasama dalam kelompok, mendengarkan pendapat orang lain, mudah memahami tugas yang diberikan guru, mudah mengerjakan tugas serta cepat dalam menyelesaukan tugas yang diberikan oleh guru. Hal tersebut terbukti dari hasil nilai ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 76, 47 % kemudian pada siklus II sebesar 100 % hal ini mengalami peningkatan sebesar 33,53%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Suismanto, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Kemampuan Menulis Bahasa Arab, Huruf Hijaiyah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2023 14:55
Last Modified: 03 Jan 2023 14:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55485

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum