NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KUMPULAN HIKAYAT HUMOR SUFI NASHRUDDIN HOJA

Munifah Ahmad, NIM.: 08410013 (2012) NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KUMPULAN HIKAYAT HUMOR SUFI NASHRUDDIN HOJA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KUMPULAN HIKAYAT HUMOR SUFI NASHRUDDIN HOJA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KUMPULAN HIKAYAT HUMOR SUFI NASHRUDDIN HOJA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan akhlak merupakan proses pendidikan yang akan membangun pribadi yang luhur pada masing-masing individu. Oleh karena itu pendidikan akhlak harus ditegakkan mengingat akhlak merupakan dasar yang utama dalam pembentukan kepribadian manusia yang seutuhnya. Pendidikan akhlak tidak hanya diterpakan dalam pendidikan formal saja, tetapi juga diterapkan secara intensif dalam keluarga. Pendidikan akhlak diterapkan dengan berbagai media, salah satunya adalah media cerita dan kisah lewat buku-buku kumpulan hikayat humor sufi Nashruddin Hoja. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menyerap nilai pendidikan akhlak dalam kumpulan hikayat humor sufi Nashruddin Hoja dengan pendidikan agama Islam. Peneliti akan membahas mengenai nilai pendidikan akhlak apa saja yang terkandung dalam buku tersebut, kemudian nilai pendidikan akhlak tersebut akan direlevankan dengan pendidikan agama Islam. Baik dari segi isi, materi dan metode pembelajaran yang relevan dengan pendidikan akhlak dan pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian literer dengan mengambil objek penelitian dari buku-buku kumpulan hikayat humor sufi Nashruddin Hoja. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan content analisys, yaitu cara mengidentifikasi data teks dengan pembacaan dan pengamatan secara cermat, mendeskripsikan ciri-ciri atau komponen yang terkandung di setiap data kemudian menyusun klasifikasi secara keseluruhan sehingga mendapatkan deskripsi serta kandungan nilai pendidikan akhlak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) terdapat nilai pendidikan akhlak dalam buku kumpulan hikayat humor sufi Nashruddin Hoja, diantaranya adalah nilai pendidikan akhlak kepada Allah SWT, nilai pendidikan akhlak kepada diri sendiri, nilai pendidikan akhlak kepada orang lain, nilai pendidikan akhlak kepada lingkungan dan nilai pendidikan akhlak kepada negara. 2) terdapat relevansi antara pendidikan akhlak dengan pendidikan agama Islam yaitu ditinjau dari tujuan pendidikan agama Islam, materi pendidikan agama Islam, metode dan strategi yang digunakan dalam penyampaian materi pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai Akhlak, Akhlak Manusia, Hikayat Humor Sufi Nashruddin Hoja
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2023 14:59
Last Modified: 03 Jan 2023 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55486

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum