PENINGKATAN KUALITAS GERAKAN SHALAT DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS II MI NEGERI SECANG KABUPATEN MAGELANGSEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Muslichah, NIM.: 09481130 (2011) PENINGKATAN KUALITAS GERAKAN SHALAT DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS II MI NEGERI SECANG KABUPATEN MAGELANGSEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KUALITAS GERAKAN SHALAT DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS II MI NEGERI SECANG KABUPATEN MAGELANGSEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KUALITAS GERAKAN SHALAT DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS II MI NEGERI SECANG KABUPATEN MAGELANGSEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah guru fiqih di Madrasah hanya cenderung menekankan kepada siswanya kepada penguasaan ilmu pengetahuan agama saja, sehingga dari segi pengamalan ibadah keseharian siswa terutama ibadah shalat di luar sekolah sering kali kurang terpantau. Sehinga dalam hal ini perlu diadakan penelitian tentang peningkatan gerakan shalat dengan metode Drill pada siswa kelas II MI Negeri Secang kabupaten Magelang Tahun pelajaran 2011/2012. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan metode drill dapat meningkatkan kualitas gerakan shalat pada siswa kelas II MI Negeri Secang kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian adalah Siswa kelas II MI Negeri Secang Kabupaten Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitik non statistik dengan pola pikir induktif yaitu cara pikir yang bertolak dari faktor-faktor yang khusus untuk ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan dengan mengadakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan untuk meningkatka kualitas gerakan shalat di MI Negeri Secang yaitu dengan menggunakan metode drill, mengadakan praktek shalat, dan mengadakan evaluasi, membuat nyaman tempat dan sarana ibadah antara lain sedang di usahakan tempat praktik shalat, tempat wudhu dan melengkapi alat untuk shalat, dan kegiatan ekstra kurikuler seperti peringatan Isro’Mi’roj , partisipasi dalam kegiatan keagamaan di masyarakat dan pesantren ramadhan. Faktor-faktor yang mendukung dalam meningkatkan kualitas gerakan shalat antara lain: adanya gedung sekolah yang luas untuk kegiatan belajar mengajar, adanya tenaga pengajar atau pendidik yang cukup, adanya pesertaa didik yang jumlahnya cukup memadai di banding sekolah yang lain, status Madrasah yang sudah Negeri, Semuanya wali murid beragama islam dan banyaknya kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di Madrasah. Sedangkan faktor yang menghambat adalah: Kurang adanya partisipasi aktif dari guru-guru lain, ketidakseragaman kecerdasan peserta didik, minimnya buku perpustakaan baik umum maupun buku keagamaan, adanya sebagian siswa yang belum lancar dalam membaca Al Qur’an dan belum adanya mushola di dalam madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr.Sangkot Sirait,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Shalat, Pembelajaran Fiqh
Subjects: Hukum Islam > Fiqih
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2023 15:06
Last Modified: 03 Jan 2023 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55488

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum