PENGAMBILAN KEPUTUSAN LEMBAGA PENGKAJIAN PANGAN, OBAT-OBATAN, DAN KOSMETIKA MAJELIS ULAMA INDONESIA (LPPOM MUI) DALAM PENERBITAN SERTIFIKASI HALAL

Leni Yuliana, - and Aris Risdiana, - (2018) PENGAMBILAN KEPUTUSAN LEMBAGA PENGKAJIAN PANGAN, OBAT-OBATAN, DAN KOSMETIKA MAJELIS ULAMA INDONESIA (LPPOM MUI) DALAM PENERBITAN SERTIFIKASI HALAL. Jurnal MD or Jurnal Manajemen Dakwah, 4 (1). pp. 101-112. ISSN P-ISSN: 1978-807X ; E-ISSN: 2615-0727)

[img]
Preview
Text (PENGAMBILAN KEPUTUSAN LEMBAGA PENGKAJIAN PANGAN, OBAT-OBATAN, DAN KOSMETIKA MAJELIS ULAMA INDONESIA (LPPOM MUI) DALAM PENERBITAN SERTIFIKASI HALAL)
PENGAMBILAN KEPUTUSAN LEMBAGA.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan16728.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan pengambilan keputusan oleh LPPOM MUI DIY pada suatu produk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan tiangulasi teknik dan triangulasi sumber. Setelah melakukan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa tahapan pengambilan keputusan dalam pemberian sertifi kasi halal ada delapan yaitu identifi kasi masalah, pengumpulan data, analisis data, pengkajian berbagai alternatif, pemilihan alternatif, implementasi, monitoring, dan evaluasi. Dimana ada satu tahapan yang menjadi temuan utama yaitu monitoring karena tidak termasuk pada teori Sondang Siagian. Sedangkan pengambilan keputusan di LPPOM MUI DIY bersifat semi otonom dan membutuhkan legitimasi MUI DIY untuk mengesahkan suatu keputusan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengambilan Keputusan, Sertifi kasi Halal, LPPOM MUI DIY
Subjects: Industri Halal
Divisions: Jurnal > 19. Manajemen Dakwah
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 04 Jan 2023 11:02
Last Modified: 04 Jan 2023 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55492

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum