A Theology of Green Islam Managerial System of Islamic Transformative Rehabilitation for Mental Disorder Patients

Aris Risdiana, - and Reza Bakhtiar Ramadhan, - (2019) A Theology of Green Islam Managerial System of Islamic Transformative Rehabilitation for Mental Disorder Patients. Millatī, Journal of Islamic Studies and Humanities, 4 (1). pp. 1-13. ISSN p-ISSN : 2541-3627 ; e-ISSN 2540-9964

[img]
Preview
Text (A Theology of Green Islam Managerial System of Islamic Transformative Rehabilitation for Mental Disorder Patients)
A Theology of Green Islam Managerial System of Islamic.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1672805140.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berusaha menggali gagasan teologis „Islam Hijau‟ sebagai basis dari sistem manajerial rehabilitasi islami-transformatif bagi santri penderita gangguan jiwa di PP. Al Qodir. Mudahnya, teologi ini mengimplementasi problem-problem psikologi dan sosiologi yang merongrong jiwa manusia melalui instrument rehabilitasi. Menurut KH. Masrur Ahmad, teologi Islam Hijau menjadi basis bagi kontekstualisasi ajaran Islam yang ramah terhadap orang-orang yang lemah. Model pesantren yang berbasis islam dan berdasar pengalaman kearifan lokal, diintegrasikan dengan model rehabilitasi yang merupakan konsepsi sekuler melahirkan paradigma baru terkait pola sistem manajerial rehabilitasi islami – transformatif di PP. Al Qodir. Sedangkan proses rehabilitasi Islam terdapat tiga tahap, yakni pembersihan diri, pengembangan diri, dan penyempurnaan diri. Dengan mengadopsi proses rehabilitasi tersebut, Islam Hijau menjadi terapi yang efektif, sekaligus menjadi sistem manajemen rehabilitasi yang mengedepankan pola transformatif. Kesuksesan penerapan teologi ini bernaung pada teknik POAC (Planning, Organizing, Actuating dan Controlling) yang melekat pada sosok KH Masrur Ahmad sebagai pengasuh dari PP Al Qodir. G. R Terry menekankan bahwa sistem manajerial merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dengan memanfaatkan ilmu maupun seni demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Sehingga tujuan dari tulisan ini adalah mengeksplor pola sistem manajerial PP. Al Qodir dalam merehabilitasi para santri yang mengalami gangguan jiwa dengan menggunakan basis teologi Islam Hijau. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan rehabilitasi islami – transformatif sangat bergantung dengan manajemen POAC yang dikembangkan oleh KH. Masrur Ahmad.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Islam Hijau, Rehabilitasi Islami – Transformastif, Gangguan Jiwa, Manajemen, POAC, PP. Al Qodir
Subjects: Islam
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 04 Jan 2023 11:15
Last Modified: 04 Jan 2023 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55493

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum