UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II MI MA’ARIF 04 GENTASARI CILACAP TAHUN 2011/2012

Neli Kurniawati, NIM.: 09480009 (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II MI MA’ARIF 04 GENTASARI CILACAP TAHUN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II MI MA’ARIF 04 GENTASARI CILACAP TAHUN 2011/2012)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II MI MA’ARIF 04 GENTASARI CILACAP TAHUN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Dengan Media Gambar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II MI Ma’arif 04 Gentasari Kabupaten Cilacap. Skripsi. Yogyakarta : Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih ada siswa kelas II yang masih mengalami kesulitan dalam hal membaca dan menulis pada pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, saya perlu mengadakan penelitian mengenai PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian Tindakan Kelas ini mengambil subyek siswa kelas II di MI Ma’arif 04 Gentasari Kabupaten Cilacap. Fokus pada penelitian ini adalah penggunaan media gambar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Indonesia. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan catatan lapangan. Adapun Indikator keberhasilan penelitian ini adalah : · Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat berhasil meningkatkan kemampuan siswa bila rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. · Nilai siswa lebih dari KKM yang berlaku. Adapun nilai aspek prestasi meliputi post tes dan pre test, aspek hasil meliputi pekerjaan individu dan kelompok. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa tindakan kelas berupa penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar pada bahasa Indonesia dalam hal kemampuan membaca dan menulis . Untuk mencapai tujuan penelitian tindakan kelas, dilakukan proses pengkajian berdaur terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observing) dan refleksi (reflecting).Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pembelajaran membaca dan menulis dengan media gambar adalah salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memilih media gambar yang diinginkan. (2) Pada saat pelaksanaan pembelajaran guru banyak melibatkan siswa untuk aktif memilih media gambar yang ditulis, itu gambar apa lalu di baca. (3) Media gambar mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H.Sedyo Santosa, SS.M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Media Pembelajaran
Subjects: BAHASA > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2023 09:47
Last Modified: 05 Jan 2023 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55498

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum