PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELOMPOK A TK ABA AL-IMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Neni Hendrayani, NIM.: 09411136 (2011) PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELOMPOK A TK ABA AL-IMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELOMPOK A TK ABA AL-IMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELOMPOK A TK ABA AL-IMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran Huruf Hijaiyah di kelompok A TK ABA Al-Iman Yogyakarta, siswa dalam proses belajar tidak berminat dan mengalami kejenuhan, selain itu siswa selama belajar sambil bermain-main. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode bermain kartu dalam pembelajaran huruf hijaiyah untuk meningkatkan minat belajar siswa kelompok A TK ABA Al-Iman Yogyakarta. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar TK ABA Al-Iman Yogyakarta. Pengumpuan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkapkan data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: metode barmain kartu dapat meningkatkan minat belajar siswa kelompok A TK ABA Al-Iman Yogyakarta, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan minat belajar siswa terlihat senang, gembira, tekun, mendengarkan penjelasan guru,dan merasa nyaman selama proses belajar. Peningkatan tersebut dapat terlihat adanya kenaikan yang signifikan. Pada pra tindakan sebesar 46,9 %, siklus I sebesar 79 % dan di siklus II menjadi 98,9 %. Dengan demikian terjadi peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Kartu, PembelajaranHuruf Hijaiyah, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2023 09:50
Last Modified: 05 Jan 2023 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55499

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum