UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF TEGALRANDU SRUMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

Niken Dwi Ermawati, NIM.: 09481165 (2011) UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF TEGALRANDU SRUMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF TEGALRANDU SRUMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF TEGALRANDU SRUMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia tidak dapat dipisahkan dari kegiatan bahasa lainnya. Menulis dikaitkan dengan kegiatan berbicara, mendengar dan membaca. Tarigan mengemukakan bahwa menulis adalah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafis yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafis tersebut1. Menulis dapat dijadikan sebagai alat untuk mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain melalui bahasa tulis. Kemampuan menulis dapat dikembangkan dan dilaksanakan di dalam kelas yaitu menulis karangan. Beberapa jenis menulis karangan atau mengarang misalnya, menulis buku harian, menulis tentang binatang kesayangan, menulis gambar kesayangan, menulis cara memainkan sesuatu. Beberapa kegiatan menulis tersebut adalah merupakan kegiatan mengarang yang dapat dilakukan di dalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil menulis karangan pada siswa kelas V MI Ma’arif Tegalrandu, yang dapat dilihat dari hasil tes menulis karangan pada kegiatan pembelajaran pra tindakan sampai dengan siklus II. Hasil kemampuan menulis karangan siswa menunjukkan diatas kriteria rata-rata minimal yang telah ditetapkan yaitu 75% siswa mendapat nilai lebih dari 70. Nilai rata-rata yang diperoleh pada pra tindakan adalah 61,4. jumlah siswa yang tuntas KKM pada pra tindakan hanya 1 orang. Pada siklus I jumlah nilai rata-rata adalah 67,88; dan 8 orang sudah tuntas KKM. Pasa siklus II jumlah siswa yang sudah tuntas KKM sebanyak 17 orang, dan perolehan nalai rata-rata sebanyak 78,5. Dan hanya 3 orang yang delum tuntas KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis karangan melalui pendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawar Khalil, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Menulis, Pendekatan Contextual Teaching And Learning, Menulis Karangan
Subjects: Kepengarangan - Menulis
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2023 09:53
Last Modified: 05 Jan 2023 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55500

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum