PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI MENGENAL RANGKA MANUSIA SISWA KELAS IV MIN YOGYAKARTA II TAHUN 2011/2012

Niko Raharjo, NIM.: 07480006 (2012) PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI MENGENAL RANGKA MANUSIA SISWA KELAS IV MIN YOGYAKARTA II TAHUN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI MENGENAL RANGKA MANUSIA SISWA KELAS IV MIN YOGYAKARTA II TAHUN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI MENGENAL RANGKA MANUSIA SISWA KELAS IV MIN YOGYAKARTA II TAHUN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap motivasi dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV MIN Yogyakarta II tahun 2011/2012 pada materi mengenal rangka manusia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi-Eksperimental), dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IV MIN II Yogyakarta yang terdiri dari dua kelas. Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas IVB (sebagai kelas eksperimen) dan kelas IVA (sebagai kelas kontrol). Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes dan pengisian lembar angket motivasi belajar IPA siswa. Analisis data untuk motivasi belajar IPA menggunakan analisis deskriptif dan analisis prestasi belajar siswa menggunakan uji t. Uji analisis deskriptif terhadap motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa media animasi berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji analisis deskriptif yang menunjukkan bahwa persentase motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media animasi lebih tinggi dari persentase motivasi belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode belajar konvensional (ceramah dan tanya-jawab). Hasil uji t terhadap nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara nilai prestasi belajar siswa pada kelompok eksperimen dengan nilai prestasi belajar siswa pada kelompok kontrol, hal ini terlihat dari hasil uji t yang menunjukkan harga F0=17,152 pada p=0,000. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa media animasi dalam pembelajaran IPA berpengaruh positif terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV di MIN Yogyakarta II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Animasi, Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
AGAMA - SAINS - BUDAYA
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2023 09:56
Last Modified: 05 Jan 2023 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55501

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum