PENERAPAN PROGRAM REMEDIAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X1 IPA-2 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GODEAN TAHUN AJARAN 2011/2012 (STUDI KASUS)

Ning Khilmiatin Jannah, NIM.: 08420016 (2012) PENERAPAN PROGRAM REMEDIAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X1 IPA-2 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GODEAN TAHUN AJARAN 2011/2012 (STUDI KASUS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PROGRAM REMEDIAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X1 IPA-2 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GODEAN TAHUN AJARAN 2011/2012 (STUDI KASUS))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PROGRAM REMEDIAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X1 IPA-2 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GODEAN TAHUN AJARAN 2011/2012 (STUDI KASUS))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses pembelajaran di sekolah, aktivitas belajar tidak selamanya dapat berjalan dengan lancar. Masalah kesulitan belajar ini sudah merupakan masalah umum yang terjadi dalam proses pembelajaran. Secara umum, dapat dikatakan bahwa kesulitan belajar seorang peserta didik di sekolah dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Kesulitan yang dialami peserta didik di sekolah bisa bermacammacam, baik dalam hal menerima pelajaran, menyerap pelajaran, atau keduaduanya. Setiap peserta didik pada prinsipnya mempunyai hak untuk mencapai prestasi belajar yang memuaskan. Namun, dalam kenyataannya jelas bahwa peserta didik tersebut memiliki perbedaan baik dalam kemampuan intelektual, kemampuan fisik, latar belakang keluarga, kebiasaan, maupun pendekatan belajar yang tepat untuknya. Pembelajaran bahasa arab di MAN Godean ini lebih menekankan pada kemahiran qira’ah dan kitabah, akan tetapi bukan berarti mengabaikan kemahiran istima’ dan juga kalam. Proses pembelajarannya juga mengacu pada implementasi RPP yang termasuk didalamnya kegiatan awal, kegiatan inti dan juga kegiatan penutup. Latar belakang adanya pembelajaran remedial disini adalah karena adanya peserta yang belum bisa mencapai KKM pada hasil evaluasi pembelajaran. Selain itu juga pembelajaran remedial ini berfungsi untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik sehingga peserta didik dapat memahami materi pelajaran yang diajarkan. Pembelajaran remedial pada mata pelajaran bahasa arab kelas X1 IPA- 2 di MAN Godean ini dilakukan setelah UAS, UTS, dan Evaluasi Harian selesai. Peserta didik yang harus mengikuti pembelajaran remedial adalah mereka yang belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa pembelajaran remedial pada mata pelajaran bahasa arab ini mempunyai pengaruh yang positif dengan indikator keberhasilan dengan rincian sebagai berikut: 93 1. Secara umum pembelajaran remedial berjalan dengan lancar dan tertib. Peserta didik bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Keaktifan peserta didik tersebut dapat dilihat dari: a. Peserta didik aktif dan tidak canggung dalam bertanya tetang materi yang kurang difahami kepada guru. b. Peserta didik mengerjakan soal yang diberikan oleh guru dengan baik. c. Peserta didik berani dalam mengemukakan pendapat. 2. Pembelajaran remedial pada mata pelajaran bahasa arab ini mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar peserta didik kelas X1 IPA-2. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes evaluasi sebelum dan sesudah diadakannya pembelajaran remedial berdasarkan taraf signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ahmad Rodli, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Program Remedial, Evaluasi Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2023 10:00
Last Modified: 05 Jan 2023 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55502

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum