METODE PELAJARAN TEMAN SEBAYA (PEER LESOON) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI AL IMAN TAMBAKREJO TEMPEL

Nur Elok Kadarwati, NIM.: 09481068 (2011) METODE PELAJARAN TEMAN SEBAYA (PEER LESOON) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI AL IMAN TAMBAKREJO TEMPEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PELAJARAN TEMAN SEBAYA (PEER LESOON) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI AL IMAN TAMBAKREJO TEMPEL)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE PELAJARAN TEMAN SEBAYA (PEER LESOON) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI AL IMAN TAMBAKREJO TEMPEL)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran SKI pada Kelas VI di MI Al Iman Tambakrejo Tempel, Sleman, Yogyakarta, ini metode ceramah masih mendominasi seluruh pelajaran SKI disamping itu siswa cenderung melakukan aktifitas yang lebih menarik perhatiannya sehingga siswa kurang berkonsentrasi mengikuti pelajaran dan kurang memperhatikan penjelasan guru karena menganggap mata pelajaran SKI itu sulit, sehingga berakibat rendahnya hasil belajar siswa untuk pelajaran SKI. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pengajaran teman sebaya (peer lesson) sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa, penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode pengajaran teman sebaya (peer lesson) sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas VI pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Al Iman Tambakrejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data-data, sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) Observasi dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan : metode peer lesson efektif digunakan pada pembelajaran SKI khususnya siswa kelas VI MI Al Iman Tambakrejo, Tempel, Sleman. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan hasil belajar siswa, pada aspek hasil belajar siswa kelas VI dari siklus I ke siklus II cukup baik. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 74 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 97 dengan kategori sangat baik, berdasarkan dari hasil penelitian maka aspek hasil belajar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, .MAg
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Peer Lesson, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2023 10:03
Last Modified: 05 Jan 2023 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55503

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum