STUDI TENTANG PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM ISMUBA DI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA DITINJAU DARI PENDEKATAN SISTEM

Nur Fadilah Amin, NIM.: 08420041 (2012) STUDI TENTANG PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM ISMUBA DI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA DITINJAU DARI PENDEKATAN SISTEM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI TENTANG PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM ISMUBA DI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA DITINJAU DARI PENDEKATAN SISTEM)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STUDI TENTANG PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM ISMUBA DI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA DITINJAU DARI PENDEKATAN SISTEM)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta khususnya di kelas XI, dengan menggunakan pendekatan sistem, yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta implikasi pembelajaran tersebut bagi siswa. Penelitian ini difokuskan pada proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan sistem sebagai acuan pelaksanaannya. Analisis dilakukan dengan beberapa langkah, dimulai dari proses perencanaan yang dibuat oleh guru: apakah sudah sesuai dengan kurikulum dan apakah perencanaan tersebut disusun dengan memperhatikan sistem pembentuknya, apakah pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung sesuai dengan perencanaan tersebut, bagaimana bentuk evaluasi dan tindak lanjut yang dilakukan guru terhadap evaluasi tersebut serta bagaimana implikasi proses pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan sistem tersebut bagi peserta didik apabila dihubungkan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara secara mendalam ditujukan kepada guru bahasa Arab selaku perencana, pelaksana dan penilai pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas XI, yaitu dari kelas XI IPA 1- IPA 6 dan XI IPS 1-IPS 4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA). Hubungannya pendekatan sistem yaitu, dalam proses perencanaan pembelajaran sudah menggunakan pendekatan sistem dalam penyusunannya, karena pada hakikatnya perencanaan pembelajaran mencakup komponen-komponen sistem pembelajaran. Tapi tidak demikian dengan pelaksanaan pembelajaran, ada ketidaksesuaian antara apa yang tertulis dalam perencanaan, beberapa komponen sistem tidak digunakan secara optimal sesuai dengan fungsinya masing-masing. Misalnya, dalam perencanaan pembelajaran, guru merencanakan untuk menggunakan media, akan tetapi pada pelaksanaannya, media tersebut tidak digunakan. Evaluasi sitsem pembelajaran dilakukan oleh sekolah di awal dan di akhir semester sebagai bentuk penilaian terhadap program pembelajaran meliputi perencanaan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Adapun evaluasi hasil belajar di kelas dilakukan dalam bentuk tes lisan dan tertulis oleh guru. Sebagai bentuk tindak lanjut dari evaluasi tersebut dilakukan remedial dan pengayaan. Kurangnya implikasi penggunaan pendekatan sistem dalam proses pembelajaran bahasa Arab ini, menyebabkan pencapaian tujuan pembelajaran kurang optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radjasa Mu'tashim, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan Sistem, Materi Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2023 10:08
Last Modified: 05 Jan 2023 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55504

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum