PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN TEMPUREJO TEMPURAN MAGELANG MELALUI METODE RESITASI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Nur Hidayati, NIM.: 09481104 (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN TEMPUREJO TEMPURAN MAGELANG MELALUI METODE RESITASI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN TEMPUREJO TEMPURAN MAGELANG MELALUI METODE RESITASI TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN TEMPUREJO TEMPURAN MAGELANG MELALUI METODE RESITASI TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelum penerapan metode resitasi dan sejauh mana model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar khususnya mata pelajaran SKI pada siswa kelas VI MI Hidayatul Mubtadiin Banjarsari Tempurejo Tempuran Magelang Tahun Ajaran 2011/2012. Desain penelitian ini adalah tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VI MI Hidayatul Mubtadiin Tempurejo Tempuran Magelang tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara, tes tertulis individual pada akhir mata pelajaran dan melihat dokumentasi nilai mata pelajaran SKI sebelum penggunaan metode resitasi. Data yang diperoleh dari dokumentasi nilai mata pelajaran SKI sebelum penerapan metode resitasi, dan nilai rata-rata tes tertulis akhir pembelajaran tiaptiap siklus dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan. (3) observasi, (4) refleksi Hasil penelitian menunjukkan metode resitasi efektif digunakan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam khususnya siswa kelas VI di MI Hidayatul Mubtadiin Tempurejo, kecamatan Tempuran kabupaten Magelang. setelah dilaksananakan tindakan terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan hasil belajar dapat kita lihat dan kita bandingkan pada hasil observasi pra tindakan menunjukkan hanya 26,9 % dari jumlah siswa yang telah memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu siswa dikatakan berhasil (mencapai ketuntasan belajar) jika telah mencapai 60% atau dengan nilai 60. Kemudian pada siklus I hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 38,4%, dari data pra tindakan 26,9% dari jumlah siswa yang telah memenuhi Standar Kriteria ketuntasan Minimal mengalami kenaikan menjadi 65,3% telah memenuhi KKM. Setelah diadakan observasi, refleksi dan perbaikan-perbaikan siklus I hasil belajar siklus II meningkat sebesar 34,7% sehingga secara keseluruhan setalah tindakan siklus I dan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 73,1%. Sehingga pada siklus II 100% dari jumlah siswa telah berhasil memenuhi standart Kriteria Ketuntasan Minimal yang tekah ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Sejarah kebudayaan Islam, Metode Resitasi
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2023 10:57
Last Modified: 11 Jan 2023 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55519

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum