UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI REMEDIAL PELAJARAN IPA MATERI POKOK PERKEMBANGBIAKAN VEGETATIF KELAS VI MIM MENDUT

Nursodiq, NIM.: 09481141 (2011) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI REMEDIAL PELAJARAN IPA MATERI POKOK PERKEMBANGBIAKAN VEGETATIF KELAS VI MIM MENDUT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI REMEDIAL PELAJARAN IPA MATERI POKOK PERKEMBANGBIAKAN VEGETATIF KELAS VI MIM MENDUT)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI REMEDIAL PELAJARAN IPA MATERI POKOK PERKEMBANGBIAKAN VEGETATIF KELAS VI MIM MENDUT)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari aplikasi remedial pada materi pokok perkembangbiakan vegetatif terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VI semester I MI Muhammadiyah Mendut Mungkid Magelang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI MI Muhammadiyah Mendut tahun pelajaran 2022/2012. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket minat belajar siswa dan pada tiap-tiap siklusnya. Data minat yang diperoleh dianalisis secara diskriptif dengan memaparkan presentase masingmasing aspek dalam minat. Data pre-test dan post-test siklus I dan siklus II ditabulasikan dalam bentuk rata-rata kelas. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rata-rata post test siklus I dengan nilai rata-rata post-test siklusII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi remedial dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA materi pokok perkembangbiakan vegetatif di MI Mihammadiyah Mendut Mungkid Magelang. Aplikasi remedial yang dilaksanakan juga terbukti dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di MI Muhammadiyah Mungkid Magelang. Peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya presentase masing-masing aspek minat yang meliputi ketertarikan siswa naik 12,5 %, kesungguhan siswa mengikuti pelajaran naik 11,8 % dan perhatian siswa naik 11,7%. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan adanya effect size yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Fatonah,M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Program Remedial, Pelajaran IPA
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Sains
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2023 11:11
Last Modified: 11 Jan 2023 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55523

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum