PENERAPAN METODE READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ZAKAT FITRAH DI KELAS IV MI TRIMAJA DANUREJO MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Nurjanah, NIM.: 09481124 (2011) PENERAPAN METODE READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ZAKAT FITRAH DI KELAS IV MI TRIMAJA DANUREJO MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ZAKAT FITRAH DI KELAS IV MI TRIMAJA DANUREJO MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ZAKAT FITRAH DI KELAS IV MI TRIMAJA DANUREJO MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran zakat fitrah pada kelas IV MI Trimaja Danurejo Mertoyudan Kabupaten Magelang siswa cenderung bersifat pasif, seperti mencatat, diam, duduk, ngantuk, dan mendengarkan, sehingga hasil prestasi belajar masih kurang dari Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM). Maka dari itu perlu diakakannya penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran zakat fitrah dengan menerapkan metode Reading Guide. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Reading Guide dalam pembelajaran zakat fitrah dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV setelah menerapkan metode Reading Guide. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Trimaja Danurejo Mertoyudan Kabupaten Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan dokeumentasi, waancara, tes dan pengamatan untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data, sedangkan memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: penerapan metode Reading Guide dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Tingkat keberhasilan kelas dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan, yaitu keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I rata-rata 6,39 atau 63,94 % meningkat pada siklus I menjadi 8,48 atau 84,85 %. Dari hasil penilaian dapat dibuktikan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari mulai dari pretest (prasiklus) rata-rata 60,61 meningkat pada siklus I menjadi 64,24 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 85,15. Prestasi belajar siswa dari prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 6 %, selanjutnya pada siklus II prestasi belajar siswa meningkat sebesar 40,50%. Dengan demikian pada aspek keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan prestasi belajar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nur Rohmah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Reading Guide, Prestasi Belajar, Pembalajaran Zakat Fitrah
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2023 11:24
Last Modified: 11 Jan 2023 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55525

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum