EFEKTIVITAS TEKNIK TEBAK KATA DENGAN MEDIA CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI DI MAN TEMPEL YOGYAKARATA TAHUN AJARAN 2011/2012

Nuronniyah Islamiyah, NIM.: 08420076 (2011) EFEKTIVITAS TEKNIK TEBAK KATA DENGAN MEDIA CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI DI MAN TEMPEL YOGYAKARATA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS TEKNIK TEBAK KATA DENGAN MEDIA CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI DI MAN TEMPEL YOGYAKARATA TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS TEKNIK TEBAK KATA DENGAN MEDIA CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI DI MAN TEMPEL YOGYAKARATA TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen (Kelompok siswa yang menggunakan teknik tebak kata dengan media Card Sort) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tidak menggunakan media Card Sort) untuk meningkatkan penguasaan mufrādat siswa khususnya mahāroh Qiro’ah, dengan cara melalui hasil belajar kelompok eksperimen dan kontrol melalui tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Tempel Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 150 siswa. pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan nonprobability sampling berupa purposive sampling. Dari enam kelas diambil dua kelas yaitu kelas XI IPA I yang berjumlah 20 siswa (sebagai kelompok eksperimen) dan kelas XI IPA II yang berjumlah 18 siswa (sebagai kelompok kontrol). Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keakuratan instrumen dilakukan dengan uji validitas dengan rumus Product Moment, dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumusAlpha. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan homoginitas dengan menggunakan rumus Kolmogorof-Smirnov. Analisis data dengan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, dan terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan siswa kelompok eksperimen. Perbedaan ini dapat dilihat dari hasil skor rata-rata post test kelompok kontrol sebesar 82,50 sedangkan kelompok eskperimen memperoleh skor rata- rata post test sebesar 89,50 dan rata- rata peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 17,50 Teknik tebak kata dengan media Card Sort bisa dikatakan berhasil dalam penelitian ini karena ketika proses pembelajaran berlangsung siswa terlihat lebih aktif dan antusias. Hal tersebut dikarenakan guru tidak lagi menggunakan metode konvensional yang lebih banyak ceramah dan demonstrasi, akan tetapi menggunakan metode aktif sehingga siswa bisa ikut berpartisipasi secara langsung. Keberhasilan teknik tebak kata dengan media Card Sort ini bisa dilihat dari hasil perhitungan melalui SPSS yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap rata- rata nilai pada kelompok eksperimen yaitu sebesar 17,50 sedangkan kelompok kontrol memiliki rata- rata nilai sebesar 8,61. Dengan demikian teknik tebak kata dengan media Card Sort dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam membantu siswa untuk meningkatkan penguasaan mufradāt khususnya dalam mahāroh Qiro’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radjasa Mu’tasim M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Card Sort, Pembelajaran Siswa, Pengusaan Mufradat
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2023 11:30
Last Modified: 11 Jan 2023 11:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum