PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH-AKHLAQ SISWA KELAS VIII A MTs N PRAMBANAN KLATEN

Nurul Mulyaningsih, NIM.: 08410026 (2012) PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH-AKHLAQ SISWA KELAS VIII A MTs N PRAMBANAN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH-AKHLAQ SISWA KELAS VIII A MTs N PRAMBANAN KLATEN)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH-AKHLAQ SISWA KELAS VIII A MTs N PRAMBANAN KLATEN)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi siswa ketika belajar di kelas, banyak kalangan pelajar menganggap belajar adalah aktivitas yang tidak menyenangkan hanya duduk berjam-jam dengan mencurahkan perhatian dan pikiran pada suatu pokok bahasan. Sama halnya dengan pembelajaran Aqidah- Akhlaq di MTs N Prambanan Klaten, hal ini disebabkan karena pembelajaran berlangsung secara monoton, dan tidak melibatkan siswa untuk terlibat aktif. Dan salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah penggunaan multimedia berbasis komputer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs N Prambanan Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, sementara itu analisis kuantitatif digunakan untuk mendukung pendekatan kualitatif sehingga diperoleh data yang lebih komperhensif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan : pelaksanaan tindakan berlangsung selama tiga siklus dengan satu kali siklus dengan satu kali pertemuan (1) Motivas belajar Aqidah-Akhlaq sebelum menggunakan multimedia berbasis komputer tergolong rendah hal ini dikarenakan pembelajaran yang monoton, kurang menarik, dan tidak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan multimedia berbasis komputer pada mata pelajaran Aqidah-Akhlaq di kelas VIII A MTs N Prambanan berjalan dengan baik ditunjukkan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. (3) Ada peningkatan motivasi belajar Aqidah-Akhlaq kelas VIII A MTs N Prambanan setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan Multimedia berbasis komputer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia, Pembelajaran Aqidah-Akhlaq
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2023 11:40
Last Modified: 11 Jan 2023 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55528

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum