PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI IPS SMA ANGKASA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011-2012

Nurul Sinta Lasmi, NIM.: 08410111 (2012) PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI IPS SMA ANGKASA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011-2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI IPS SMA ANGKASA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011-2012)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI IPS SMA ANGKASA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011-2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih kurangnya motivasi siswa dalam pelajaran PAI dan rendahnya prestasi belajar yang dapat dicapai siswa SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta. Sehingga diperlukan metode yang sesuai dengan keadaan siswa tersebut agar dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajarnya yakni dengan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Pendekatan kontekstual ini merupakan pendekatan yang menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari sehingga diharapkan peserta didik dapat dengan mudah menangkap dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dengan pendekatan kontekstual yang dilakukan siswa dapat mencakup aspek konstruksivisme, menemukan,bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, penilaian sebenarnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, atau Classroom Action Research. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan dua pertemuan. Dalam setiap pertemuan memiliki durasi waktu sekitar 90 menit atau sama dengan 2 jam pelajaran. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, dan refleksi. subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta. Sedangkan obyek penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif deskriptif dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: (1) Adanya peningkatan motivasi belajar dengan peningkatan hasil isian angket sebesar 1.81% dari angka 95,71% pada Siklus I naik menjadi 96,62% pada Siklus II dengan kategori tinggi atau baik, (2) adanya peningkatan prestasi belajar sebesar 5,36 poin dari nilai rata-rata pra tindakan sebesar 57,5 naik menjadi nilai rata-rata 62,86 pada Siklus I. Sedangkan pada Siklus II terdapat peningkatan prestasi belajar sebesar 21,87 dari nilai rata-rata 62,86 pada Siklus I naik menjadi 84,73 pada Siklus II dengan kategori baik atau tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Motivasi Dan Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2023 15:00
Last Modified: 11 Jan 2023 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55534

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum