UPAYA ORANG TUA MELALUI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK ANAK SALEH SEJAK MASA PRANATAL (KAJIAN BUKU PANDUAN MENGAJAR BAYI ANDA MEMBACA AL-QUR’AN SEJAK DALAM KANDUNGAN KARYA DRS. MUSTOFA A.Y)

Nurus Syamsiyah, NIM.: 08410129 (2012) UPAYA ORANG TUA MELALUI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK ANAK SALEH SEJAK MASA PRANATAL (KAJIAN BUKU PANDUAN MENGAJAR BAYI ANDA MEMBACA AL-QUR’AN SEJAK DALAM KANDUNGAN KARYA DRS. MUSTOFA A.Y). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA ORANG TUA MELALUI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK ANAK SALEH SEJAK MASA PRANATAL (KAJIAN BUKU PANDUAN MENGAJAR BAYI ANDA MEMBACA AL-QUR’AN SEJAK DALAM KANDUNGAN KARYA DRS. MUSTOFA A.Y))
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA ORANG TUA MELALUI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK ANAK SALEH SEJAK MASA PRANATAL (KAJIAN BUKU PANDUAN MENGAJAR BAYI ANDA MEMBACA AL-QUR’AN SEJAK DALAM KANDUNGAN KARYA DRS. MUSTOFA A.Y))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Keluarga sebagai lingkungan pendidikan yang pertama sangat penting untuk membentuk pola kepribadian anak, karena anak pertama kali berkenalan dengan nilai dan norma. keluarga bertanggung jawab atas keselamatan putra putrinya. Selamat pertumbuhan, perkembangan, pendidikan, masa depan, iman Islam dan dunia akhiratnya. Kemudian pendidikan sebagai usaha sadar tidak hanya dimulai dari anak duduk di bangku sekolah akan tetapi menurut Islam dimulai sejak bayi masih berada dalam rahim ibu. Akan tetapi banyak orang tua yang kurang menyadari pentingnya pendidikan sedini mungkin melalui pendidikan keluarga dan dimulai sejak dalam kandungan. Masyarakat masih menganggap pendidikan itu dimulai di bangku sekolah dan hanya bisa diajarkan oleh guru di sekolah. Akibatnya anak kurang dapat perhatian, nakal, kurang sopan, bahkan sampai durhaka dan jauh dari nilai-nilai agama. Sebagai umat Islam, maka mendidik anak sejak dini semestinya bertumpu pada tujuan utama agama Islam, yaitu untuk membentuk anak yang saleh. Kemudian penulis menemukan buku yang merupakan terobosan terbaru dalam membentuk anak saleh karya Mustofa AY yang menjadi kajian utama skripsi ini, yaitu berjudul Panduan Mengajar Bayi Anda Membaca Al-Qur’an Sejak dalam Kandungan. Dari uraian di atas muncul beberapa rumusan masalah yang perlu diketahui jawabannya, yaitu Bagaimana upaya yang dilakukan orang tua dalam membentuk anak saleh sejak masa pranatal menurut Mustofa AY. kedua, Bagaimana urgensi pendidikan keluarga berbasis pembelajaran Al-Qur‟an sejak masa pranatal menurut Mustofa AY. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, digunakan penelitan berupa pustaka, yaitu usaha untuk memperoleh data yang diperlukan serta dalam menganalisis suatu permasalahan dengan melalui sumber kepustakaan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan semiotik. Setelah terkumpul data-data tersebut dilanjutkan analisis data. Hasil penelitian ini adalah upaya yang harus dilakukan orang tua dalam membentuk anak saleh sejak masa pranatal menurut Mustofa AY yaitu Melalui pendidikan keluarga terdiri dari pendidikan keluarga berbasis pembelajaran Al-Qur‟an, Mentahnik bayi setelah lahir, Mendoakannya bayi, Menyambut dengan penuh syukur, Membaca adzan dan iqomat ketika baru saja lahir. Sedangkan Urgensi pendidikan keluarga berbasis pembelajaran Al-Qur‟an sejak masa pranatal menurut Mustofa AY yaitu Memupuk fitrah iman Islam anak, Merangsang saraf otak, telinga, dan mata, Membiasakan hidup Islami, Menanamkan cinta Al-Qur‟an sejak dini, dan Mengenalkan budaya baca dan Mengenalkan budaya baca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Khalil, SS,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keluarga, Pola Asuh Anak, Membaca Al-Qur’an
Subjects: Pola Asuh
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2023 15:04
Last Modified: 11 Jan 2023 15:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55535

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum