PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TUNA GRAHITA DAN TUNA DAKSA KELAS III DI SLB MARSUDI PUTRA II BANTUL

Nuryanto, NIM.: 09411019 (2011) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TUNA GRAHITA DAN TUNA DAKSA KELAS III DI SLB MARSUDI PUTRA II BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TUNA GRAHITA DAN TUNA DAKSA KELAS III DI SLB MARSUDI PUTRA II BANTUL)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TUNA GRAHITA DAN TUNA DAKSA KELAS III DI SLB MARSUDI PUTRA II BANTUL)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa agama Islam memberikan hak yang sama mewajibkan belajar baik yang normal maupun yang cacat semua mendapat pendidikan sesuai dengan potensi yang ada pada dirinya. Namun kenyataannya masih banyak orang tua yang malu untuk menyekolahkan anaknya karena menganggap anak yang berkebutuhan khusus itu rendah tidak berguna padahal mereka memerlukan bantuan pendidikan, karena dengan pendidikan yang di terima, anak akan memperoleh bekal, pegangan hidup yang kuat. Jadi tidak akan terpengaruh ke hal yang negatif dan kondisi mereka tidak akan selalu menjadi beban bagi keluarga. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak tuna grahita dan tuna daksa, serta mengetahui faktor pendukung, penghambat dan cara mengatasi hambatan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SLB Marsudi Putra II Bantul, pengumpulan data dilakukan dengan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil di kumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan Dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam di SLB Marsudi putra II Bantul adalah: pembelajaran pendidikan agama Islam di SLB Marsudi Putra II bisa berjalan lancar meskipun begitu harus ditingkatkan lagi agar lebih baik lagi. Dalam kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam materinya adalah aqidah, fiqih, Al-Quran, akhlak tetapi di SLB Marsudi Putra tidak semua materi dapat diajarkan oleh pendidik yang terpenting anak dapat mengaplikasikan pendidikan agama Islam dalam kehidupan seharihari. Karena jika diajarkan semua hanya percuma materi selesai tetapi siswa tidak faham. Metode yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam yaitu: demonstrasi, ceramah, tanya jawab, bermain peran, penguatan, pemberian tugas, pengulangan. Tetapi yang paling efektif adalah metode demonstrasi karena anak berkebutuhan khusus itu lebih suka dan mudah mengingat pembelajaran yang dibantu dengan alat peraga dan praktik seperti gambar tulisan huruf hijaiyah,gambar orang shalat. Yang menjadi faktor pendukung dalam pembelajaran PAI di SLB Marsudi Putra II adalah: kelengkapan sarana, dukungan dari kepala sekolah, dukungan dari orang tua siswa, kerjasama antar pendidik, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik.meskipun pembelajaran berjalan dengan lancar tetapi masih ada beberapa hambatan yaitu: keterbatasan waktu, Kurikulum yang terlalu banyak, kesulitan dalam memilih metode yang tepat, kesulitan dalam mengajarkan hal yang bersifat hafalan, kesulitan dalam menghadapi perbedaan individu. Hambatan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dapat diminimalisasi dengan cara: Memodifikasi kurikulum, membuat pelajaran itu menjadi menyenangkan, Home Visit. Pendekatan secara individual dengan begitu pembelajaran dapat berjalan lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadhifah M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Psikologi Anak, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Pendidikan Agama Islam
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2023 15:09
Last Modified: 11 Jan 2023 15:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55537

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum