PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI IBADAH PUASA SISWA KELAS V SD NEGERI WADAS KECAMATAN GIRIMULYO

Parjiyanto, NIM.: 09411128 (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI IBADAH PUASA SISWA KELAS V SD NEGERI WADAS KECAMATAN GIRIMULYO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI IBADAH PUASA SISWA KELAS V SD NEGERI WADAS KECAMATAN GIRIMULYO)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI IBADAH PUASA SISWA KELAS V SD NEGERI WADAS KECAMATAN GIRIMULYO)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran PAI pada kelas V di SD N Wadas, Giripurwo, kecamatan Girimulyo, masih berjalan kurang efektif dan belum produktif. Metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional dan berpusat pada guru. Akibat dari hal tersebut, siswa cenderung pasif sehingga pada akhirnya hasil belajar yang diperoleh belum mencapai kriteria ketuntasan minimum yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD N Wadas dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Jigsaw dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Me Taggart pada tahun 1988. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, metode angket, metode tes atau lembar evaluasi. Data-data yang dikumpulkan berupa data keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, lembar angket keaktifan dan lembar soal pre-test dan post-test untuk data peningkatan hasil belajar siswa. Analisis data untuk keaktifan belajar siswa menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk data hasil belajar siswa dianalisis secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Wadas dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Peningkatan keaktifan peserta didik dilihat dari hasil angket dan observasi sebelum tindakan sebesar 38,39 % dengan kategori kurang. Pada siklus I keaktifan peserta didik meningkat menjadi 68,00% dengan kategori cukup baik. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 85.59%, dengan kategori baik. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus adalah sebesar 56,00. Siswa yang mencapai ketuntasan belajar baru 2 anak atau 20%. Pada siklus I rata-rata kelas naik menjadi 75,00. Siswa yang mencapai kriteria tuntas naik menjadi 8 anak atau 80%. Persentase peningkatan hasil belajar siklus I adalah sebesar 35,37%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 90.00. Siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa (100%), siswa yang tidak tuntas sebanyak 0 siswa (0%) dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 70. Persentase peningkatan hasil belajar siklus II adalah sebesar 20%. Dengan demikian keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD N Wadas mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sukiman, S.Ag.M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Metode Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2023 15:12
Last Modified: 11 Jan 2023 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55538

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum