UPAYA MENGOPTIMALKAN KECERDASAN MATEMATIS LOGIS MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DI KELAS B TK ABA BOJONG 1, BOJONG, MUNGKID, MAGELANG

Puji Suryati, NIM.: 09411032 (2011) UPAYA MENGOPTIMALKAN KECERDASAN MATEMATIS LOGIS MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DI KELAS B TK ABA BOJONG 1, BOJONG, MUNGKID, MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENGOPTIMALKAN KECERDASAN MATEMATIS LOGIS MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DI KELAS B TK ABA BOJONG 1, BOJONG, MUNGKID, MAGELANG)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENGOPTIMALKAN KECERDASAN MATEMATIS LOGIS MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DI KELAS B TK ABA BOJONG 1, BOJONG, MUNGKID, MAGELANG)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa kecerdasan matematis logis belum bisa dioptimalkan terlihat dari tiga faktor: (pertama) guru yang ada tidak sepenuhnya memiliki background pendidikan TK, hal tersebut menyebabkan terjadinya pembelokan pada proses pembelajaran di TK. (kedua) kurang memahami esensi pembelajaran di TK karena tidak menggunakan sumber belajar Alat Permainan Edukatif (APE) sehingga berdampak kurang berkembangnya kemampuan dan kecerdasan anak. (ketiga) guru merasa sangat kesulitan mengembangkan kecerdasan majemuk terutama kecerdasan matematis logis pada siswa TK. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran matematis logis melalui Alat Permainan Edukatif (APE) yang dapat mengoptimalkan kecerdasan siswa serta memotivasi siswa terutama dalam pembelajaran matematis logis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan mendiskripsikan upaya mengoptimalkan kecerdasan matematis logis melalui Alat Permainan Edukatif (APE) pada siswa kelas B TK ABA Bojong I Mungkid, Magelang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil data yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini juga menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkapkan data. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, melalui Alat Permainan Edukatif (APE) dalam pembelajaran matematis logis di kelas B TK ABA Bojong I Mungkid, Magelang dilaksanakan dalam dua siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan kelas berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan di setiap siklusnya, terjadi perubahan kecerdasan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Kedua, peningkatan kecerdasan peserta didik dalam pembelajaran matematis logis dengan APE cukup signifikan, peningkatan keaktifan peserta didik terlihat pada perhatian peserta didik terhadap penjelasan guru, berani bertanya dan mengungkapkan pendapat, antusiasme siswa dalam mengerjakan tugas, kemauan menjawab pertanyaan, mencatat materi pelajaran serta perasaan senang terhadap materi pembelajaran. Partisipasi keaktifan peserta didik dilihat dari hasil angket pada observasi awal sebesar 49,85 % pada Siklus I menjadi 59,85 % dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 73,38 %. Demikian pula dari hasil lembar observasi pra-tindakan sebesar 42,86 % meningkat menjadi 59,52 % pada Siklus I dan meningkat lagi pada Siklus II menjadi 71,42 %. Dengan demikian secara keseluruhan kecerdasan peserta didik mengalami peningkatan sebesar 23,53 %, dengan kategori sedang menjadi tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M.Jamroh Latief,M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematis, Alat Peraga Pendidikan, Alat Permainan Edukatif (APE)
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jan 2023 14:05
Last Modified: 12 Jan 2023 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55548

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum