UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH GEDONGTENGEN YOGYAKARTA

Ratih Agustina, NIM.: 07410190 (2012) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH GEDONGTENGEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAKSISWA KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH GEDONGTENGEN YOGYAKARTA)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAKSISWA KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH GEDONGTENGEN YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwasanya motivasi merupakan salah satu faktor internal yang turut mempengaruhi keberhasilan siswa, dengan adanya motivasi maka di dalam dirinya akan timbul kegiatan belajar, menjamin kelangsungan belajar, dan dapat memberikan arah pada kegiatan belajar tersebut. Dalam kenyataanya, siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta kurang termotivasi khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian terkait upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak, serta hasil yang dicapai oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di MTs Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data yaitu: membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumen. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak baru sebatas: memberikan motivasi, menggunakan sumber belajar, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, pemberian skor dan evaluasi. (2) Hasil yang telah dicapai oleh guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak belum maksimal, hal tersebut penulis ketahui berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan deskripsi sebagai berikut: (a). Sebagian besar siswa tidak memperhatikan guru, (b). Suasana kelas tidak kondusif sampai akhir pembelajaran, (c). Sebagian siswa keluar masuk kelas, (d). Antusiasme bertanya masih rendah, (e). Tidak seratus persen siswa mengerjakan PR atau tugas rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Usman, SS.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Aqidah Akhlak, Guru
Subjects: Akhlak - Etika
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jan 2023 14:08
Last Modified: 12 Jan 2023 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55549

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum