PENERAPAN HYPNOTEACHING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII B SMPN 1 BANSARI TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

Reni Fatima Anggraeni, NIM.: 07410291 (2022) PENERAPAN HYPNOTEACHING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII B SMPN 1 BANSARI TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN HYPNOTEACHING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII B SMPN 1 BANSARI TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN HYPNOTEACHING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII B SMPN 1 BANSARI TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya salah satu faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya pembelajaran tidak lepas dari motivasi belajar siswa. Dengan adanya motivasi, konsentrasi belajar akan mudah dilakukan dan materi mudah dipahami. Motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI kelas VII B SMP N 1 Bansari masih tergolong rendah hal ini disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran, guru menggunakan metode pembelajaran yang konvensional sehingga menimbulkan kebosanan siswa dan kurang melibatkan peran siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode hypnoteacing pada mata pelajaran PAI dan meningkatkan motivasi siswa kelas VII B setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar SMP N 1 Bansari. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan motivasi melalui tindakan yang dilakukan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini menggunakan statistik sederhana untuk membantu mengungkap data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan membandingkan data hasil observasi, catatan lapangan antar pengamat, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) implementasi, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan metode hypnoteaching pada mata pelajaran PAI di kelas VII B SMP N 1 Bansari dilaksanakan dalam tiga siklus yang setiap siklusnya satu kali pertemuan. Metode hypnoteaching dalam pembelajaran ini mencakup peacing, leading serta modeling. 2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa terlihat pada semangat mengikuti pelajaran, siswa terlihat senang dalam pembelajaran PAI, antusiasme dalam mengikuti pembelajaran, fokus dalam memperhatikan penjelasan, semangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan, dan siswa mulai ikut berpartisipasi baik bertanya maupun menjawab pertanyaan dalam pembelajaran. Secara keseluruhan peningkatan terjadi cukup baik, pada siklus I hasil angket motivasi menunjukkan angka sebesar 60, 88% yang menunjukkan kategori sedang, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 73, 54 % dengan kategori tinggi, dan pada siklus III menjadi 80, 62% dengan kategori tinggi. secara keseluruhan motivasi peserta didik mengalami peningkatan sebesar 19, 74%. Peningkatan motivasi tersebut terjadi secara bertahap dari kategori sedang dan akhirnya menjadi tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawar Khalil, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Hypnoteaching, Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jan 2023 14:16
Last Modified: 12 Jan 2023 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55551

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum