PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS PROGRAM KHUSUS I BAGI SANTRI LUAR NEGERI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO TAHUN AJARAN 1432-1433 H/2011-2012 M

Ria Rizki Kurniawati, NIM.: 08420159 (2012) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS PROGRAM KHUSUS I BAGI SANTRI LUAR NEGERI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO TAHUN AJARAN 1432-1433 H/2011-2012 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS PROGRAM KHUSUS I BAGI SANTRI LUAR NEGERI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO TAHUN AJARAN 1432-1433 H/2011-2012 M)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS PROGRAM KHUSUS I BAGI SANTRI LUAR NEGERI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO TAHUN AJARAN 1432-1433 H/2011-2012 M)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana system pembelajaran bahasa Arab santri luar negeri pada kelas Program Khusus (PK) I di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, dan untuk mengetahui problematika yang dihadapi guru dalam menjalankan tugasnya. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab pada umumnya, dan khususnya bagi pengajar bahasa Arab kelas Program Khusus I di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan sebuah analisis diskriptif kualitatif, yaitu suatu analisa deskriptif data non statistik dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah santri luar negeri kelas Program Khusus I tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 6 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya pembelajaran bahasa Arab santri luar negeri pada kelas Program Khusus I menerapkan metode langsung dengan tujuan pembelajaran agar siswa dapat berbicara dan menulis dengan bahasa Arab yang benar serta siswa diharapkan dapat lebih meningkatkan ketrampilannya dalam berbahasa Arab. Buku yang digunakan adalah kitab Durūsullughah al-„Arabiyah Al-juz Al-awal karangan Imam Zarkasyi dan Imam Syubani. Adapun evaluasi pembelajarannya dilaksanakan setiap hari setelah selesai penyampaian materi (disamping tes sumatif dan formatif) dengan teknik testing verbal test dan non verbal. Problematika pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi oleh guru kelas Program Khusus I adalah; pertama, bahan ajar yang digunakan belum memenuhi standar, terbukti dengan tidak ditemukannya Standar Kompenetnsi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) dalam buku tersebut; kedua, penggunaan media pembelajaran belum sepenuhnya optimal dan masih sangat sederhana; dan ketiga, faktor guru sebagai salah satu komponen vital dalam pembelajaran belum menempuh pendidikan profesi guna memenuhi standar kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Tulus Musthofa, LC.M.A
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Thullabul Wafidin, Sistem Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jan 2023 14:44
Last Modified: 12 Jan 2023 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55552

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum