UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANGGOTA PRAMUKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

Risma Tri Anggoro, NIM.: 07410187 (2012) UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANGGOTA PRAMUKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANGGOTA PRAMUKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANGGOTA PRAMUKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih belum berhasilnya pendidikan moral dilihat dari parameter kejahatan dan kenakalan remaja yang meningkat pada pertengahan tahun 2011. Karena Secara umum tujuan pendidikan pada dasarnya bukan semata-mata untuk perkembangan intelektualitas atau kecerdasan peserta didik saja, namun tujuan pendidikan juga harus berorientasi pada penyiapan peserta didik sebagai indvidu yang memiliki mentalitas dan moralitas serta kerohanian yang tinggi melalui pengarahan, bimbingan dan keteladanan. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang ideal tersebut, maka tanggung jawab pendidikan terdapat pada seluruh lapisan masyarakat terutama pemerintah, yang dilakukan melalui proses formal maupun non formal. Gerakan pramuka adalah nama organisasi yang merupakan suatu wadah proses pendidikan kepramukaan yang ada di Indonesia. Berdasarkan keadaan yang demikian mendorong penulis untuk mengadakan penelitian yang berkaitan dengan Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam bagi anggota Pramuka yang ada di Madrasah Tsanawiyah Negri Ngemplak Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil latar Madrasah Tsanawiyah Negeri Ngempak Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik pemeriksaan yang memanfaatkan sumber. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, pembina pramuka Madrasah Tsanawiyah Negeri Ngemplak memberikan materi nilai-nilai pendidikan Agama Islam yang diantaranya adalah Nilai Ketauhidan, Nilai Ibadah dan Nilai Akhlak. Kedua, bentuk-bentuk upaya penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam berupa pemberian nasihat, menjadi suri tauladan, belajar sambil melakukan, pengenalan alam sekitar, dan pengamalan kode kehormatan pramuka. Ketiga, pelaksanaan penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam yang dilakukan oleh pembina pramuka diantaranya adalah, penanaman nilai Keimanan, penanaman nilai Ibadah, dan penanaman nilai Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Anggota Pramuka, Materi Agama
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2023 10:12
Last Modified: 13 Jan 2023 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55558

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum