PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IV DAN V MI YAPPI GEDAD I BANYUSOCO PLAYEN GUNUNGKIDUL

Rosyid abd. Khamdani, NIM.: 09481085 (2011) PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IV DAN V MI YAPPI GEDAD I BANYUSOCO PLAYEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE IQRO’DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IV DAN V MI YAPPI GEDAD I BANYUSOCO PLAYEN GUNUNGKIDUL)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE IQRO’DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IV DAN V MI YAPPI GEDAD I BANYUSOCO PLAYEN GUNUNGKIDUL)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran Al Qur’an pada kelas IV dan V di Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Gedad I, Gedad, Banyusoca, Playen, Gunungkidul ini masih kurang efektif serta penyampaian guru mendikte siswa, sehingga guru merasa lelah dan siswa juga enggan mendengar penjelasan guru dan diam ketika mencatat. Selain itu motivasi dan keaktifan siswa kurang dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan yang dapat meningkatkan mutu, motivasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Metode Iqro’dalam upaya peningkatan mutu membaca Al Qur’an serta meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa kelas IV dan V setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Gedad I, Gedad, Banyusoca, Playen, Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data serta menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkapnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektifitas Metode Iqro’ Dalam Upaya Peningkatan Mutu Membaca Al Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Gedad I masih berada dalam kondisi Efektif dengan nilai rata-rata prestasi siswa 7,91. Metode pembelajaran iqro’dapat juga dikatakan efektif karena dibandingkan dengan sebelum menggunakan metode pembelajaran ini pada semester sebelumnya nilai rata-rata prestasi siswa hanya mencapai 6,95. Meskipun minat siswa terhadap mata pelajaran Al Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Gedad I kurang, akan tetapi dengan adanya metode iqro’siswa dapat aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan mendongkrak semangat serta minat siswa terhadap materi yang disampaikan. Hal ini merupakan nilai positif yang patut dikembangkan guna tercapainya tujuan pendidikan, khususnya tujuan pendidikan yang ada di Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Gedad I, Banyusoco, Playen, Gunungkidul dan tujuan pendidikan nasional pada umumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Suismanto, M. Pd.,
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2023 10:22
Last Modified: 13 Jan 2023 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum