PENERAPAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI KELAS VIII B MTs N NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

Rr. Lis Nugrahani, NIM.: 08410038 (2012) PENERAPAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI KELAS VIII B MTs N NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI KELAS VIII B MTs N NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI KELAS VIII B MTs N NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) dalam Pembelajaran Fikih di Kelas VIII B MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta. Penelitian ini diharapkan mampu menambah khazanah keilmuan di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, dan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII B MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terperinci. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tahapan penerapan strategi crossword puzzle (teka-teki silang) dalam pembelajaran Fikih di kelas VIII B MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta meliputi penyampaian materi, pembagian kelompok, dan team work. 2) Melalui penerapan strategi crossword puzzle (tekateki silang) dalam pembelajaran Fikih di kelas VIII B MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta, perhatian dan keaktifan siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari peningkatan aspek perhatian dan keaktifan siswa yang meliputi: kedisiplinan mengikuti pelajaran pada siklus I sebesar 56,57% dan pada siklus II sebesar 83,72%. Perhatian selama proses pembelajaran pada siklus I sebesar 57,2% dan pada siklus II sebesar 85,43%. Keaktifan dalam kerja sama kelompok pada siklus I sebesar 64,3% dan pada siklus II sebesar 89,15%. Keberanian untuk bertanya pada siklus I sebesar 29,45% dan pada siklus II sebesar 68,62%. Keberanian untuk menjawab pertanyaan siklus I sebesar 37,43% dan siklus II sebesar 69,72%. Mencatat materi pelajaran pada siklus I sebesar 61,2% dan pada siklus II sebesar 88,9%. Mengerjakan tes yang diberikan guru dengan tuntas pada siklus I sebesar 66% dan pada siklus II sebesar 84,1%. Bersemangat saat pembelajaran berlangsung pada siklus I sebesar 54,57 % dan pada siklus II sebesar 85,72%. 3) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil tes pada siklus I sebesar 70,06, sedangkan pada siklus II sebesar 76,62.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing:Dr. H. Sumedi, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Crossword Puzzle, Pembelajaran Fikih
Subjects: Hukum Islam > Fiqih
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2023 10:25
Last Modified: 13 Jan 2023 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55562

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum