UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRO’ DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH NGIJON III PRAPAK SENDANGMULYO, MINGGIR SLEMAN, YOGYAKARTA

Rumini, NIM.: 09411022 (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRO’ DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH NGIJON III PRAPAK SENDANGMULYO, MINGGIR SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRO’ DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH NGIJON III PRAPAK SENDANGMULYO, MINGGIR SLEMAN, YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRO’ DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH NGIJON III PRAPAK SENDANGMULYO, MINGGIR SLEMAN, YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah para siswa semenjak kelas I sudah mendapatkan materi ektrakurikuler Iqra, yang berarti dari mereka masuk sekolah sudah diajarkan secara mandasar mengenai cara membaca Al-Qur`an. Namun demikian hingga kelas III ternyata rata-rata kemampuan membaca Al-Qur`an masih rendah, dan bahkan masih banyak dari mereka yang belum hafal danbelum mengenal huruf hijaiyah. Hal tersebut didukung dengan tidak adanya kegiatan keagamaan di rumah, kususnya TPA dan kurangnya perhatian orang tua terhadap masalah ini karena kebanyakan dari orangtua siswa sudah disibukkan dengan pekerjaan mereka sehari-hari yang rata-rata adalah petani atau buruh. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pelaksaan pembelajaran Al-Qur`an siswa kelas III di SD Muhammadiyah Ngijon III serta untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode Iqra` yang diterapkan guru dalam meningkatkan baca tuis Al-Qur`an. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas III Sd Muhammadiyah Ngijon III beserta guru TPA nya, sebagai pelaku tindakan atau yang melakukan tindakan, dan peneliti sebagai observer. Penelitian ini dilakukan pada 28 oktober sampai 30 November 2011. Adapun yang dijadikan objek Penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran Al-Qur`an kelas III SD Muhammadiyah Ngijon III yang meliputi tindakan guru dan respon siswa. Adapun setting penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Adapun tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah, Dokumentasi, Observasi, angket dan wawancara. Adapun analisa data menggunakan analisa diskriptif kwalitatif dengan uji keabsahan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di sekolah siswa kelas III SD Muhammadiyah Ngijon III dilakukan melalui Tindakan kelas dengan menggunakan metode Iqra yang dalam pelaksanaanya dilakukan dalam tiga siklus untuk melihat dan mengidentifikasi perkembangan belajar membaca Al-Qur`an siswa. Tindakan kelas tersebut cukup berhasil karena setahap demi setahap siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa melalui metode Iqra` siswa lebih aktif dan terfokus dengan apa yang diajarkan oleh guru, terbukti siswa lebih aktif dibanding guru. Kendala yang dihadapi guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur`an siswa kelas III di SD Muhammaiyah Ngijon III adalah pembelajaran Al-Qur`an ini tidak ditindak lanjuti oleh siswa untuk belajar membaca Al-Qur`an diluar lingkungan sekolah serta kurangnya dukungan dan motifasi dari para orang tua untuk belajar Al-Qur`an diluar sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadhifah M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Quran, Kemampuan Membaca Al-Quran, Metode Iqra`
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2023 10:47
Last Modified: 13 Jan 2023 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55566

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum