PENERAPAN METODE BERMAIN GARIS BILANGAN GUNA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS V MI MA’ARIF WONOLELO KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2011

Zaenudin, NIM.: 09481110 (2011) PENERAPAN METODE BERMAIN GARIS BILANGAN GUNA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS V MI MA’ARIF WONOLELO KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BERMAIN GARIS BILANGAN GUNA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS V MI MA’ARIF WONOLELO KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2011)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BERMAIN GARIS BILANGAN GUNA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS V MI MA’ARIF WONOLELO KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2011)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pelajaran Matematika khususnya dan pelajaran-pelajaran lainya di Madrasah Ibtidaiyah Ma;arif Wonolelo, Sawangan, Magelang masih belum mencapai hasil yang memuaskan. Hal itu disebabkan salah satunya karena guru dalam menyampaikan pembelajaran lebih banyak mendominasi ceramahnya serta kurang memaksimalkan keaktifan siswa dalam belajar. Sehingga selama ini siswa jarang sekali yang mau mengemukakan pendapatnya. Mereka lebih banyak hanya menerima transfer ilmu dari guru. Hal tersebut berakibat siswa kurang dapat memecahkan masalah yang dihadapi dan akhirnya berakibat hasil belajar mereka kurang maksimal. Selama ini nilai Ujian Nasional pada pelajaran Matematika selalu di bawah. Melihat kenyataan seperti itu perlulah kiranya diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pendidikan dengan menerapkan metode/strategi yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode bermain garis bilangan guna peningkatan kemampuan siswa menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat kelas V setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Ma’arif Wonolelo, Sawangan, Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan tes untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Hasil penelitian menunjukkan : Metode bermain garis bilangan efektif diterapkan pada penyelesaian operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas V MI Ma’arif Wonolelo. Hal itu terbukti saat pelaksanaan pembelajaran siswa merasa senang, terjadi peningkatan keaktifan, terlihat pada hasil observasi dan wawancar terhadap siswa. Disamping keaktifan siswa juga nilai matematika khususnya operasi hitung bilangan bulat mencapai nilai yang baik. Ini terlihat disetiap akhir pertemuan dilaksanakan evaluasi, nilai rata-rata kelas terendah 88 selama 4 kali eveluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Endang Sulistyaningsih, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Bermain Garis Bilanang, Pelajaran Matematika
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2023 13:59
Last Modified: 13 Jan 2023 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55568

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum